Sukses

Cara Mudah Mengatasi Pegal Linu

Pegal linu merupakan salah satu keluhan yang banyak dialami orang. Bisa terjadi karena aktivitas sehari-hari hingga olahraga berat. Kenali cara-cara menanggulanginya di sini.

Pegal linu adalah rasa nyeri otot yang dipicu oleh kelelahan dan biasanya bisa sembuh sendiri dalam hitungan hari. Penyebabnya bisa bermacam-macam, dari aktivitas sehari-hari hingga olahraga berat yang Anda lakukan.

Sebenarnya tidak perlu melakukan pengobatan khusus untuk menghilangkan pegal linu, karena kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya. Tapi memang, pegal linu akan membuat Anda merasa tidak nyaman, bahkan nyeri yang dirasakan teramat sangat dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari.

Berikut adalah beberapa kiat yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi pegal linu:

  • Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur akan meningkatkan sirkulasi darah, fleksibilitas, dan massa otot, sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Selain itu, dengan berolahraga tubuh Anda akan memproduksi endorfin, zat kimia dalam otak yang menimbulkan perasaan senang. Namun, jika Anda baru memulai berolahraga, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli terapi fisik.

  • Istirahatkan otot-otot sejenak

Dengan tidak beraktivitas untuk beberapa saat, maka akan membantu meringankan pikiran Anda sehingga tubuh pun merasa lebih tenang. Jika memang Anda dituntut untuk bekerja saat itu juga, sebaiknya gunakan sesuatu untuk Anda berjalan seperti tongkat.

  • Tidur cukup

Biasakanlah tidur dengan waktu yang cukup (6-8 jam sehari) untuk meringankan pegal linu. Tidur dan bangun pada waktu yang sama juga bisa membantu mengatasi kondisi pegal linu.

  • Berendam di air hangat

Berendam di air hangat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meringankan pegal linu Anda. Anda pun bisa melakukannya sembari mendengarkan musik kesayangan.

  • Krim penghilang rasa sakit

Oleskan krim penghilang rasa sakit jika pegal linu yang dirasakan tidak hilang dengan semua usaha yang telah Anda lakukan.

Apabila kiat-kiat di atas tidak kunjung membuat pegal linu mereda, sebaiknya Anda segera berkonsultasi kepada dokter.

0 Komentar

Belum ada komentar