Sukses

Wanita yang Sering Migrain Berisiko Sakit Jantung?

Suatu penelitian menyebutkan bahwa wanita yang kerap migrain lebih rentan terkena sakit jantung. Apakah benar demikian? Baca penjelasan lengkapnya di sini.

Migrain merupakan salah satu keluhan yang banyak dimiliki oleh wanita. Tetapi, tahukah Anda bahwa migrain berkaitan dengan risiko penyakit jantung pada wanita?

Sebuah studi terhadap lebih dari 100.000 wanita dari Amerika Serikat menemukan bahwa wanita pengidap migrain mempunyai risiko 50% lebih tinggi meninggal akibat serangan jantung, stroke atau penyakit jantung.

Dari beberapa responden tersebut, disimpulkan bahwa wanita pengidap migrain cenderung mempunyai fitur-fitur klinis seperti kelebihan berat badan, merokok, dan memiliki tekanan darah serta kolesterol tinggi. Namun, faktor-faktor ini tidak menjelaskan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke, karena tidak dijadikan pertimbangan dalam penelitian.

Kesimpulannya, studi menunjukkan hubungan yang kuat antara migrain dan penyakit kardiovaskular, bahkan memperluas hubungan yang telah ditemukan antara migrain dan stroke. Namun, masih banyak hal yang harus ditelaah. Karena penelitian tersebut masih harus diaplikasikan pada populasi yang serupa dengan fitur biologis orang Asia atau orang Indonesia pada khususnya.

Untuk mencegahnya, menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi serta olahraga yang teratur tentu menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan.

0 Komentar

Belum ada komentar