Sukses

Kompres Dingin untuk Redakan Sakit Kepala

Selain dengan obat-obatan, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit kepala, yakni dengan penggunaan kompres dingin.

Sakit kepala memang mengganggu, apalagi jika berlangsung terus-menerus. Kebanyakan orang akan meredakannya dengan meminum obat sakit kepala yang ada di apotek. Tetapi, ada cara ampuh dan mudah yang bisa dilakukan selain dengan minum obat, yakni melalui kompres dingin.

Penggunaan kompres es batu pada kepala juga bisa diterapkan pada penderita migrain, baik migrain dengan aura maupun tidak.

Meski demikian, beberapa penelitian klinis menyatakan bahwa pemakaian kompres dingin pada penderita migrain masih dipertanyakan keberhasilannya. Oleh karena itu, pelaksanaan terapi ini pada dasarnya tidak selalu efektif untuk semua orang.

Lantas, bagaimana bisa kompres dingin ini dapat meredakan sakit kepala kepala atau migrain? Es batu atau sensasi dingin lainnya memberikan kontribusi pada pembuluh darah dan sistem saraf, salah satunya endokrin. Pada sistem pembuluh darah, rasa dingin menimbulkan efek konstriksi pada pembuluh darah yang memicu penurunan aliran darah. Karena mediator nyeri berkurang, maka nyeri pun ikut berkurang.

Pada jalur rambatan saraf, kompres dingin bisa berperan sebagai analgesik yang baik untuk meredakan nyeri. Hal ini dikarenakan dingin dapat menurunkan sistem perambatan saraf yang kemudian dapat mengurangi nyeri.

Di samping itu, sensasi dingin dapat menurunkan aktivitas metabolik dan enzimatik yang akan menurunkan kebutuhan oksigen jaringan. Oleh karena itu, mediator nyeri menjadi berkurang.

Kembali perlu diingat bahwa penggunaan kompres dingin tidak selalu bermanfaat pada setiap orang. Berkonsultasi dengan dokter tetap menjadi  salah satu cara terbaik untuk mengobati sakit kepala.

0 Komentar

Belum ada komentar