Sukses

Cara Hilangkan Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Pagi hari seharusnya menjadi waktu yang menyegarkan untuk memulai aktivitas. Tapi, bagaimana jika Anda malah sakit kepala setelah bangun tidur?

Tidur merupakan suatu hal yang kita idamkan saat merasa lelah atau untuk mengistirahatkan tubuh setelah berkegiatan seharian. Diharapkan setelah tidur, tubuh menjadi lebih segar sehingga aktivitas bisa dilaksanakan kembali. Namun terkadang, keluhan nyeri kepala dapat timbul setelah kita tidur dan bisa sangat mengganggu. Mengapa itu bisa terjadi?

Siklus tidur manusia melewati lima tahapan: awalan, tidur ringan, dua periode tidur nyenyak, dan tidur REM. Seluruh siklus berlangsung sekitar sekitar 1.5 jam dan terulang sepanjang malam.

Sakit kepala yang terjadi setelah tidur bisa terjadi karena Anda terbangun pada waktu yang salah. Di samping itu, para ahli merekomendasikan agar kita tidur siang selama 20-45 menit pada siang hari. Apabila waktu tidur lebih dari itu dan Anda harus bangun, rotasi atau putaran tidur menjadi tidak pas dan pengaktifan otak juga tidak sesuai akibat dari penumpukan neurotransmiter (senyawa kimiawi yang ada di otak).

Penyebab lain yang diduga menjadi biang keladi sakit kepala adalah dikarenakan ada beberapa wilayah di otak yang aktif pada kecepatan yang berbeda, yang membuat pembuluh darah mengalirkan darah ke area tersebut secara seketika. Pada akhirnya, hal ini menimbulkan respons nyeri atau stimulus nyeri yang diterjemahkan sebagai nyeri kepala.

Untuk menangani sakit kepala kepala setelah tidur, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan yakni:

  • Minum air yang cukup

Kekurangan air dapat menyebabkan sakit kepala bahkan dehidrasi. Minum beberapa gelas air sebelum tidur dapat membuat Anda lebih segar saat terbangun. Ada juga makanan yang bisa membantu Anda terhidrasi sepanjang hari, seperti seledri, mentimun, semangka dan tomat.

  • Makan pisang

Kalium sangat penting untuk kualitas tidur yang sehat, serta baik untuk menghilangkan sakit kepala. Buah-buahan yang mengandung kalium misalnya pisang dan mangga.

  • Hindari buru-buru beraktivitas

Setelah bangun tidur, sebaiknya jangan langsung mandi atau bangkit dari tempat tidur. Ambil waktu untuk duduk sebentar di kasur untuk membuat tubuh lebih siap. Jika perlu, Anda bisa melakukan langkah relaksasi seperti menarik napas, meregangkan tubuh, dan minum air putih.

1 Komentar