Tips Parenting

Serunya Bermain Trampolin dengan Anak

dr. Karin Wiradarma, 15 Jul 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Trampolin merupakan salah satu alat olahraga yang biasa digunakan untuk bermain lompat-lompatan. Yuk, ajak anak Anda bermain trampolin, ia pasti menyukainya!

Serunya Bermain Trampolin dengan Anak

Tertarik mencoba permainan trampolin? Berloncatan di atas trampolin ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi fisik dan mental, baik untuk Anda maupun anak.

Manfaat Trampolin bagi Kesehatan

Belompatan di atas trampolin dapat menjadi olahraga untuk melatih kesehatan jantung dan otot, terutama otot tungkai dan perut.

Anda yang ingin menurunkan berat badan juga bisa mendapatkan manfaat. Olahraga di atas trampolin dapat membakar lemak dan kalori apabila dilakukan secara rutin selama 30 menit, 3-4 kali seminggu.

Selain itu, olahraga ini juga dapat memperbaiki fleksibilitas dan keseimbangan, meningkatkan kepadatan dan menguatkan tulang, menguatkan sendi, dan memperbaiki postur.

Anak juga dapat semakin meningkatkan kemampuan motoriknya dengan melatih koordinasi dan keseimbangan saat berloncatan di atas trampolin.

Manfaat Trampolin bagi Mental Psikologis

Bermain trampolin dinilai dapat meningkatkan performa akademis anak, meningkatkan rasa percaya diri, dan mengajarkan anak untuk lebih persisten.

Ada Pula Bahayanya

Selain banyak memberikan manfaat, ternyata bermain trampolin juga bisa berbahaya, terutama bagi anak kecil. Hal ini disebabkan karena proporsi kepala anak kecil lebih besar dibandingkan dengan tubuhnya, sehingga keseimbangannya pun masih tidak sebaik anak besar dan dewasa.

Menurut American Academy of Pediatrics dan Safe Kids Kansas, 90% kecelakaan trampolin terjadi saat bermain trampolin di dalam rumah. Risiko kecelakaan akan semakin meningkat jika ada lebih dari satu orang yang berloncatan di atas trampolin yang sama. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berpikir ulang jika ingin membeli trampolin mini untuk anak bermain di rumah.

Kecelakaan yang dapat terjadi umumnya berupa memar, patah tulang, trauma pada kepala, leher, dan tulang belakang. Akan lebih aman jika anak bermain trampolin di pusat permainan trampolin yang profesional serta memiliki fasilitas keamanan yang lengkap dan memadai.

BermainAnaktrampolinSerba-Serbi Alergi Anak

Konsultasi Dokter Terkait