HomeInfo SehatTulangAktivitas Sederhana untuk Jaga Kesehatan Tulang
Tulang

Aktivitas Sederhana untuk Jaga Kesehatan Tulang

dr. Aldico Sapardan Sp.OT, 15 Jul 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Untuk menjaga kesehatan tulang, ternyata aktivitas sederhana ini pun dapat turut ikut memberikan kontribusi. Apa saja aktivitas sederhana untuk jaga kesehatan tulang? Berikut ulasannya.

Aktivitas Sederhana untuk Jaga Kesehatan Tulang

Tulang dan sendi memang tidak terlihat secara langsung dari luar. Namun fungsinya tidak dapat diremehkan. Tanpa tulang dan sendi yang berfungsi dengan baik, maka seluruh aktivitas akan sangat terganggu.

Untuk itulah, memiliki tulang dan sendi yang sehat menjadi suatu keharusan agar dapat memiliki kualitas hidup yang baik. Usaha untuk memiliki tulang dan sendi yang sehat harus dimulai dari usia dini, yaitu anak-anak hingga usia lanjut kelak.

Usaha untuk memiliki tulang dan sendi yang sehat sebenarnya dapat dilakukan setiap hari di kala melakukan aktivitas sederhana, seperti:

1. Makan

Setiap hari, kita makan 3 kali sehari. Makan diperlukan untuk menyediakan tenaga agar tubuh dapat berfungsi secara optimal sehari-hari. Untuk itu, kita perlu memperhatikan jenis makanan yang kita makan sehari-hari. Buah dan sayur perlu menjadi asupan utama dalam menu kita sehari-hari. Produk susu, kacang-kacangan, dan bahan makanan tinggi kalsium juga perlu dikonsumsi secara teratur dan rutin.

Secara umum, diperlukan asupan 3 gelas susu rendah lemak dan kombinasi makanan tinggi kalsium, seperti sayuran, setiap harinya agar dapat memenuhi kebutuhan kalsium dalam sehari. Selain itu, makanan yang difortifikasi kalsium dan suplemen kalsium juga dapat menjadi pilihan untuk mereka yang tidak dapat memenuhi kebutuhan kalsium hariannya dari makanan.

2. Terkena Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang penting untuk tubuh. Vitamin D dibutuhkan agar penyerapan kalsium dalam tubuh menjadi lebih baik. Jadi jangan takut terhadap matahari, terutama matahari pagi sebelum pukul 10 pagi yang tidak menyengat kulit.

Namun jika paparan sinar matahari sulit didapatkan, maka vitamin D dapat diperoleh dari makanan maupun suplemen.

3. Berjalan Kaki

?Olahraga yang melatih kekuatan dan memberikan beban tertentu pada tubuh, seperti berjalan kaki, dapat membantu menambah kekuatan tulang. Orang dewasa perlu beraktivitas minimal 30 menit dalam sehari. Jadi, jangan malas mengambil gelas kopi Anda dengan berjalan kaki, karena aktivitas ini dapat membantu tulang menjadi sehat dan kuat.

Untuk memiliki tulang yang sehat, pastikan kegiatan sehari-hari yang rutin kita lakukan tetap terus ikut menyumbang kesehatan tulang yang optimal.

Kesehatan TulangMengenal OsteoporosisOsteoporosis

Konsultasi Dokter Terkait