Sukses

Asupan untuk Menjaga Kesehatan Tulang Selain Susu

Selain susu, ternyata terdapat beberapa asupan lain yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Apa saja asupan untuk menjaga kesehatan tulang selain susu? Berikut ulasannya.

Jika berbicara tentang asupan untuk menjaga kesehatan tulang, hampir kebanyakan orang pasti langsung menjawab susu. Padahal selain susu, sayur dan buah juga sangat baik untuk kesehatan tulang.

Sayuran untuk Osteoporosis

Bagaimana tidak, buah dan sayur mengandung berbagai nutrisi bermanfaat, seperti magnesium, fosfor, zink, zat besi, asam folat, serta kalsium yang sangat penting untuk kekuatan dan kepadatan tulang.

Seperti yang diketahui, kalsium merupakan komponen penting untuk menunjang kesehatan tulang.

Beberapa jenis sayuran yang diketahui mengandung sekitar 50 mg kalsium tiap takarannya, adalah sebagai berikut:

  • 1 porsi kubis hijau (95 g)
  • 1 porsi kubis putih (90 g)
  • 1 kantung kecil selada air (40 g)

Selain sayuran di atas, sayuran berdaun hijau gelap juga baik untuk menjaga kesehatan tulang. Salah satu jenis sayuran berdaun hijau gelap yang paling terkenal dapat mencegah osteoporosis adalah brokoli, karena mengandung kalsium, vitamin D, vitamin C, serat dan juga nutrisi yang bersifat antikanker.

Buah-buahan untuk Osteoporosis

Selain susu dan sayur-sayuran, buah-buahan juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Beberapa contoh buah-buahan yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, yakni:

  1. Jeruk

Selain vitamin C, jeruk juga memiliki kandungan kalsium yang cukup, yaitu sebesar 60 mg.

  1. Pisang

Pisang merupakan buah yang memiliki kandungan magnesium, fosfor, zat besi, dan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

  1. Pepaya

Selain dapat melancarkan sistem pencernaan dan dapat mencegah kesulitan buang air besar, pepaya juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 20 mg yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

Jadi, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tulang dengan baik, tidak ada salahnya bila Anda ingin menambahkan buah dan sayur dalam asupan harian Anda. Ingatlah untuk mengonsumsi buah dan sayur secara teratur dan tidak berlebihan. Di samping itu, jangan lupa juga untuk berolahraga secara rutin dan teratur agar kesehatan tulang tetap terjaga sampai tua.

0 Komentar

Belum ada komentar