Sukses

Patah Tulang Panggul, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Panggul menjadi anggota tubuh yang rentan untuk mengalami patah tulang. Kenali penyebab dan cara mengatasi patah tulang panggul dari dr. Aldico Sapardan, Sp.OT berikut ini.

Patah tulang bisa terjadi di bagian mana saja pada tubuh. Panggul menjadi satu bagian tubuh yang sering mengalami patah tulang. Yang di maksud patah tulang panggul adalah patah tulang pada seperempat atas bagian tulang femur (paha). Luas dari patah tulang tersebut bergantung pada gaya/kekuatan dari trauma yang terlibat.

Penyebab Patah Tulang Panggul

Patah tulang panggul biasanya disebabkan akibat jatuh atau hentakan langsung pada bagian panggul. Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan patah tulang panggul, seperti:

  • Osteoporosis
  • Kanker
  • Cedera akibat tekanan

Ketiga hal tersebut dapat merapuhkan tulang dan membuat panggul lebih berisiko untuk mengalami patah tulang. Pada kasus tertentu, patah tulang panggul masih mungkin terjadi walau seseorang hanya berdiri dan memutar badannya.

Cara Mengatasi Patah Tulang Panggul

Ketika seseorang di diagnosis mengalami patah tulang panggul. Kondisi kesehatan pasien secara umum juga sebaiknya di evaluasi. Pasien yang dipertimbangkan untuk mendapatkan terapi non-operatif adalah mereka yang berisiko apabila dilakukan beragam bentuk anesthesia. Selain itu, pasien yang memang sudah tidak dapat berjalan sebelum terjadinya cedera dan terbatas hanya di kasur ataupun kursi roda juga dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan terapi non-operatif.

Tipe operasi tertentu dapat digunakan untuk mengobati patah tulang panggul, tergantung pada tulang dan jaringan lunak yang terlibat serta tingkat keparahan dari patah tulang yang terjadi.

3 Komentar