Sukses

Tomat, Si Merah Pencegah Osteoporosis

Tomat, yang sehari-hari sering digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata juga bermanfaat dapat mencegah osteoporosis. Bagaimana bisa? Simak selengkapnya berikut ini.

Tomat, siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini. Buah yang kerap dijadikan bahan masakan ini ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Bagaimana tidak, di dalam buah ini terdapat beragam kandungan yang berguna untuk memelihara fungsi organ tubuh dan memperlancar segala sistem yang sedang berjalan. Kandungan yang paling banyak dalam buah tomat adalah vitamin C dan air. Apabila keduanya berkolaborasi di dalam tubuh, maka akan timbul manfaat tomat untuk kecantikan, yakni mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit.

Tidak hanya sampai di situ, tomat juga memiliki manfaat lainnya, yakni dapat mencegah osteoporosis. Bagaimana bisa?

Pada saat pembentukan tulang, kalsium sangat diperlukan agar mendapatkan hasil pembentukan yang sempurna. Tomat menjadi penyuplai kalsium yang digunakan untuk memelihara tulang agar tidak mudah keropos ataupun rapuh, serta menguatkan gigi dan menjaganya tetap sehat.

Selain itu, likopen – kandungan antioksidan dalam buah tomat – diyakini para ahli sebagai penyebab tulang bertambah kuat. Sebelumnya, likopen ini sudah diketahui bermanfaat untuk mencagah kanker prostat pada pria dan juga mencegah penyakit jantung.

Tim peneliti dari University of Toronto, Kanada, menganjurkan untuk mengonsumsi jus tomat dua gelas dalam sehari demi tulang lebih kuat. Anjuran ini berdasarkan penelitian terhadap 60 wanita menopause yang berusia 50-60 tahun, yang diminta untuk tidak mengonsumsi produk tomat dari asupan hariannya selama satu bulan.

Ternyata, hal tersebut menyebabkan peningkatan kadar N-telopeptide dalam darah. N-telopeptide merupakan bahan kimia alami yang biasanya masuk ke dalam darah ketika terjadi kerapuhan pada tulang.

2 Komentar