Sukses

Bisakah Osteoporosis Disembuhkan?

Bila sudah terjadi, osteoporosis atau tulang keropos dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bisakah osteoporosis ini disembuhkan? Berikut info medisnya.

Osteoporosis adalah suatu kondisi gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan terhambatnya aktivitas sehari-hari. Pasalnya, osteoporosis atau tulang keropos ini membuat tulang menjadi rentan dan rapuh, sehingga menyebabkan tulang menjadi mudah patah.

Terkait hal ini, osteoporosis atau tulang keropos sebenarnya dapat dideteksi dengan melakukan pemeriksaan kepadatan tulang. Namun jika kondisi tulang keropos sudah terdeteksi, apakah masalah kesehatan ini dapat disembuhkan?

Sebenarnya, istilah "sembuh" memang tidak dapat diterapkan pada kondisi osteoporosis.

Pada saat osteoporosis terjadi dan usia penderita masih dalam masa pembentukan tulang, maka kepadatan tulang masih dapat ditingkatkan. Namun ketika masa pembentukan tulang sudah usai, maka yang dapat dilakukan adalah menjaga agar tidak terjadi patah tulang. Hal ini disebabkan karena hormon-hormon untuk deposit tulang sudah tidak lagi beredar di dalam tubuh.

Karenanya, penanganan paling penting dari osteoporosis adalah pencegahan. Kita perlu "menabung" kepadatan tulang selagi masih dalam masa pembentukan tulang, terutama pada wanita di usia sebelum menopause.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D, serta berolahraga secara rutin dan teratur agar kepadatan tulang bisa terbentuk dan terjaga hingga tua.

0 Komentar

Belum ada komentar