Sukses

Benarkah Mengeringkan Tangan dengan Tisu Lebih Baik?

Mengeringkan tangan dengan tisu disinyalir merupakan hal yang lebih baik daripada mengeringkan tangan dengan menggunakan mesin pengering. Apa sebenarnya alasan medis di balik hal ini? Berikut ulasannya.

Menjaga tangan tetap bersih adalah salah satu cara terpenting untuk menjaga agar tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit, serta tidak menyebarkan kuman kepada orang-orang di sekitar kita. Begitu banyak penyakit yang telah diketahui dapat disebarkan oleh kebiasaan tidak mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir.

Namun bagaimana dengan proses mengeringkan tangan pasca mencucinya, apakah proses ini juga termasuk langkah yang penting?

Faktanya, proses mengeringkan tangan adalah bagian tidak terpisahkan, yang menyertai proses mencuci tangan Anda. Proses mengeringkan tangan tidak boleh dianggap enteng dan dilakukan sekadarnya. Hal ini disebabkan karena transmisi bakteri lebih mungkin terjadi pada tangan yang basah dibandingkan tangan yang kering.

Kuman dapat berpindah dengan lebih mudah dari dan pada tangan yang basah. Sebuah laporan yang dipublikasikan oleh Patrick DR .dkk menyebutkan bahwa terjadi perpindahan bakteri yang lebih banyak pada berbagai jenis permukaan yang diteliti saat tangan berada dalam keadaan basah.

Jumlah bakteri yang berpindah menurun secara progresif saat tangan dikeringkan dengan handuk, tisu, maupun dengan mesin pengering. Karenanya, pengeringan tangan yang baik adalah faktor yang juga penting untuk menentukan tingkat perpindahan bakteri setelah mencuci tangan.

Lalu, bagaimana cara mengeringkan tangan yang direkomendasikan medis? Benarkah mengeringkan tangan dengan kertas tisu lebih baik dibandingkan mesin pengering?

Sebenarnya, hingga saat ini cara terbaik untuk mengeringkan tangan belum ditujukan untuk satu jenis metode saja. Berbagai studi yang meneliti berbagai macam cara mengeringkan tangan menghasilkan bukti yang memiliki konflik tersendiri.

Suatu penelitian oleh Gustafson .dkk pada tahun 2000 memperoleh hasil bahwa pengeringan tangan dengan handuk, dengan mesin pengering, maupun dikeringkan dengan cara spontan, tidak memiliki perbedaan bermakna terkait manfaat yang diperoleh. Dalam penelitian lain oleh Dane Jensen, didapatkan jumlah penurunan bakteri yang lebih besar pada pengeringan dengan handuk bila dibandingkan dengan mengeringkan tangan lewat mesin.

Meskipun demikian, terdapat lebih banyak penelitian yang mengatakan bahwa mengeringkan tangan dengan handuk/kertas tisu bersih dapat memperoleh hasil yang lebih efisien, membersihkan bakteri lebih efektif, serta menghasilkan kontaminasi lingkungan toilet yang lebih rendah.

Pada intinya, proses mengeringkan tangan secara seksama setelah mencuci tangan adalah hal terpenting. Namun, mengeringkan tangan dengan handuk/kertas tisu sekali pakai menjadi cara yang lebih direkomendasikan dengan tujuan untuk mengurangi perpindahan bakteri ke tangan.

0 Komentar

Belum ada komentar