Sukses

Tiga Kebiasaan yang Bisa Bikin Nyeri Sendi

Tanpa sadar, banyak kebiasaan kita sehari-hari yang dapat menyebabkan nyeri pada sendi. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut dan bagaimana cara mencegahnya?

Sebagian orang melakukan kebiasaan yang sama dari hari-hari karena merasa nyaman. Tanpa disadari, ternyata ada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang dapat memengaruhi kesehatan bahkan gangguan pada sendi. Berikut adalah tiga kebiasaan yang dapat membuat sendi Anda nyeri:

1. Bermain gadget secara nonstop

Saat kita mengetik handphone, menggunakan handphone, atau saat kita fokus terhadap gadget kita, gerakan yang pasti dilakukan adalah menunduk. Hal ini akan memberikan stresor yang besar pada otot-otot leher dan sendi-sendi kecil pada jari. Lantas, bagaimana solusinya? Beristirahatlah setiap dua hingga menit untuk ‘menenangkan’ otot-otot Anda. Atau, gunakan headset jika Anda akan menelepon seseorang lebih dari lima menit.

2. Membawa tas atau dompet terlalu berat

Membawa barang terlalu berat seperti tas atau dompet dalam jangka waktu yang panjang dapat membuat otot-otot Anda lelah serta membuat cedera pada sendi dan kartilago. Hal ini diakibatkan oleh aliran darah yang menurun akibat tekanan otot yang terlalu tinggi. Ada baiknya apabila Anda membawa beban berat, bagikan beban Anda pada beberapa titik sendi seperti membawa pada dua tangan.

3. Olahraga tanpa pemanasan

Setiap olahraga pada dasarnya sangat bermanfaat, karena hal itu dapat membantu Anda untuk meningkatkan ketahanan dan kekuatan otot. Namun, apabila olahraga dilakukan tanpa pemanasan, sendi-sendi tubuh akan meregang secara berlebihan. Tanpa adanya gerakan pemanasan pun kemungkinan cedera menjadi lebih tinggi, dikarenakan kekakuan otot-otot dan sendi tubuh.

Memiliki kebiasaan yang kita senangi atau membuat kita nyaman sangatlah penting, selama kebiasaan tersebut tidak membawa keburukan pada kesehatan. Jadi, apabila kebiasaan-kebiasaan tersebut dirasakan berpengaruh buruk bagi kesehatan, maka ubahlah mulai sekarang!

0 Komentar

Belum ada komentar