HomeGaya hidupSehat dan BugarOlahraga Saat Berpuasa, Kenapa Tidak?
Sehat dan Bugar

Olahraga Saat Berpuasa, Kenapa Tidak?

dr. Nadia Octavia, 07 Jun 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ini dia tips berolahraga saat puasa!

Olahraga Saat Berpuasa, Kenapa Tidak?

Saat berpuasa sering kali kita merasa lemah, lesu dan malas beraktivitas. Namun, jangan jadikan puasa sebagai alasan Anda untuk bermalas-malasan! Sebaiknya, usahakan untuk tetap aktif dengan berolahraga saat berpuasa.

1. Atur intensitas olahraga

Puasa bukan berarti menjadi alasan Anda untuk ikut berpuasa berolahraga selama sebulan penuh. Anda dapat mengurangi intensitas olahraga Anda. Saat berpuasa, cadangan karbohidrat Anda akan menjadi lebih sedikit karena tidak adanya asupan makanan. Sedangkan untuk berolahraga dibutuhkan cadangan energi.

Anda bisa mengurangi intensitas olahraga Anda. Misalnya, Anda biasanya berlatih angkat beban di pusat kebugaran. Anda bisa tetap berlatih dengan bobot yang sama, namun dengan repetisi atau pengulangan yang lebih sedikit.

2. Atur waktu olahraga

Mungkin sehari-hari Anda terbiasa berolahraga di pagi hari sebelum berangkat kerja atau di siang hari sambil mencuri waktu rehat siang. Namun, saat berpuasa tentu kita sering kali akan lemas jika dipaksa untuk berolahraga di pagi atau siang hari.

Anda bisa mengakalinya dengan berolahraga menjelang waktu buka puasa atau setelah berbuka puasa. Namun, hindari berolahraga langsung setelah berbuka puasa supaya tidak terjadi gangguan saluran cerna. Anda bisa memberikan jeda 1-2 jam setelah makan.

3. Olahraga dapat menjaga berat badan

Berolahraga di bulan Ramadan dapat menjaga tubuh Anda dari timbangan yang biasanya melonjak naik saat berpuasa. Anda tidak perlu berolahraga dengan intensitas tinggi selama berjam-jam. Namun, usahakan untuk meluangkan waktu paling tidak 30 menit setiap harinya untuk berolahraga.

4. Minum cukup air putih

Haus merupakan salah satu indikator tubuh bahwa kita membutuhkan asupan cairan. Namun, saat berpuasa kita tidak mungkin serta-merta minum di saat haus, bukan? Oleh karena itu, untuk menghindari dehidrasi, Anda dapat berolahraga menjelang waktu azan Magrib atau setelah berbuka puasa. Pastikan setelah berbuka puasa Anda minum minimal 8 gelas.

Dengan mengikuti kiat-kiat di atas, Anda pun tetap bisa aktif dan menjaga kesehatan tubuh walaupun sedang berpuasa!

BerpuasaOlahraga

Konsultasi Dokter Terkait