Sukses

Menu Diet Sehat Saat Bulan Ramadan

Memilih menu yang tepat untuk sahur dan berbuka puasa tentu sangat penting. Agar stamina Anda tetap terjaga dengan optimal.

Sehari-hari Anda mungkin saja tidak sempat untuk sarapan atau makan malam bersama keluarga, karena disibukkan dengan aktivitas sehari-hari. Namun saat Ramadan tiba biasanya merupakan waktu bagi umat Muslim untuk berkumpul bersama sembari menjalani sahur dan berbuka puasa.

Memilih menu yang tepat untuk sahur dan berbuka puasa tentu tak kalah penting. Karena Anda akan menjalani puasa seharian penuh tanpa mengonsumsi apa pun.

Sahur

Jangan sampai lewatkan waktu sahur! Makan sahur amat penting karena makanan yang Anda konsumsi akan dijadikan sebagai cadangan energi tubuh untuk berpuasa seharian. Oleh karena itu, sebaiknya lengkapi menu sahur Anda dengan:

  • Karbohidrat

Saat sahur, sebaiknya pilih karbohidrat yang tinggi serat namun mengandung indeks glikemik yang rendah, seperti nasi merah atau roti gandum. Makanan yang tinggi serat akan dicerna lebih lama sehingga akan memberikan cadangan energi yang lebih tinggi.

  • Protein

Untuk sumber protein, Anda dapat memiih ayam tanpa kulit ataupun ikan yang dikukus ataupun direbus. Sebaiknya batasi konsumsi makanan yang berlemak. Konsumsi protein dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

  • Buah dan sayuran

Makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayuran penting untuk dikonsumsi saat puasa, karena dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah susah BAB. Tak hanya itu, buah dan sayuran juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.

Buka puasa

Buka puasa merupakan waktu bagi tubuh Anda untuk mengganti cadangan energi yang hilang. Oleh karena itu, Anda perlu memilih makanan yang tepat saat berbuka puasa dengan:

  • Karbohidrat

Roti gandum dan nasi merah merupakan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan tubuh energi, serat dan mineral yang penting. Hindari mengonsumsi makanan yang tinggi gula secara berlebih, karena dapat membuat kadar gula darah Anda tidak stabil dan cadangan energi yang singkat

  • Protein

Konsumsilah sumber protein yang tinggi seperti daging merah tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, telur, kacang-kacangan dan produk olahan susu rendah lemak. Untuk menjaga menu makanan Anda tetap sehat, batasi penggunaan minyak dan sebaiknya olah makanan Anda dengan cara dikukus, dipanggang atau digoreng dengan minyak yang sedikit. Saat memilih minyak untuk menggoreng, pilihlah yang tinggi kandungan lemak tak jenuhnya seperti minyak zaitun atau minyak kanola.

  • Buah dan sayuran

Pada umumnya saat Ramadan, buah yang menjadi primadona adalah buah kurma. Kurma menjadi suatu tradisi simbolis untuk berbuka puasa. Selain dapat menjadi sumber energi yang baik, kurma juga tinggi akan kandungan potasium yang dapat membantu fungsi otot dan saraf berjalan dengan baik. Namun, hindari konsumsi kurma secara berlebihan karena kurma tinggi akan gula. Sebaiknya usahakan untuk mengonsumsi dua porsi sayuran dan dua porsi buah setiap harinya, agar kebutuhan nutrisi Anda tetap seimbang dan terpenuhi.

0 Komentar

Belum ada komentar