Sukses

Kiat Agar Berat Badan Tidak Naik Saat Puasa

Bedug pun tiba! Anda akan disuguhi banyak makanan di meja keluarga, mulai dari kolak, es buah, hingga berbagai jajanan pasar. Hati-hati, berat badan Anda bisa melonjak karenanya!

Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Terlebih saat sedang menunggu datangnya bedug Magrib, di sekitar kita banyak berhamparan pedagang yang menjajakan berbagai makanan yang sungguh menggoda iman. Mulai dari kolak, es buah hingga berbagai jajanan pasar. Setelah berpuasa seharian penuh, rasanya semua pasti ingin Anda konsumsi.

Lalu, tak terasa waktu lebaran tiba dan baju Anda menjadi sesak dan tak muat. Tentu tidak mau, bukan, bertemu sanak saudara di hari lebaran dengan timbangan yang melonjak? Yuk, baca dulu tips berikut supaya berat badan Anda tidak melonjak naik saat berpuasa!

1. Jangan melewatkan waktu sahur

Membuka mata untuk bangun sahur pada dini hari memang rasanya sungguh malas. Terlebih jika sehari-hari Anda tidak terbiasa untuk sarapan dan sekarang Anda harus makan di waktu dini hari. Memang pasti rasanya malas dipaksa makan saat rasa kantuk masih menyerang.

Namun, melewatkan waktu sahur akan memperpanjang durasi puasa Anda. Tubuh pun akan bergantung pada nutrisi dan energi yang diserap dari waktu makan sebelumnya. Sebagai akibatnya, Anda tentu akan lebih mengalami dehidrasi dan lelah menjalani sisa hari Anda hingga waktu buka puasa tiba. Saat buka puasa pun Anda akan cenderung makan secara kalap dan berlebihan. Alhasil timbangan pun akan meningkat.

2. Jangan makan berlebih saat buka puasa

Puasa memang ditujukan untuk menahan rasa lapar dan haus. Namun bukan berarti saat buka puasa, Anda serta-merta kalap menghabiskan seluruh makanan yang tersaji di meja makan. Buka puasa sebaiknya dengan menu yang memiliki kadar gizi seimbang. Kunyahlah makanan Anda secara perlahan. Makan secara berlebihan tak hanya dapat meningkatkan berat badan Anda, namun juga akan menyebabkan gangguan saluran cerna seperti penyakit GERD.

3. Hindari konsumsi makanan yang digoreng, asin dan tinggi gula

Berbuka puasa dengan gorengan dan kolak memang sungguh enak. Namun, mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan tinggi gula secara berlebihan dapat menyebabkan Anda justru menjadi mudah lelah dan kurang berenergi. Tak hanya itu, sebaiknya batasi pula konsumsi garam Anda, terutama di kala sahur karena dapat menyebabkan Anda menjadi lebih mudah haus.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayuran, dibandingkan dengan makanan olahan atau makanan cepat saji. Anda pun akan kenyang lebih lama dan tidak lemas saat berpuasa. 

4. Banyak minum air putih

Tentu saja Anda tidak diperbolehkan minum air putih saat berpuasa. Jadi, usahakan untuk minum air putih sebanyak mungkin antara waktu buka puasa hingga sahur, untuk mengurangi Anda mengalami dehidrasi saat berpuasa. Usahakan untuk minum minimal 8 gelas. Selain air putih, kebutuhan cairan Anda bisa juga terpenuhi dengan konsumsi jus, susu, sup atau minuman lainnya. Meski begitu, air putih adalah yang terbaik. Di samping itu, batasi juga konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan soda karena bersifat diuretik, menyebabkan Anda sering berkemih, dan kekurangan cairan.

0 Komentar

Belum ada komentar