Kulit

Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah

dr. Nadia Octavia, 06 Jun 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mata panda atau lingkaran hitam pada mata memang tidak sedap dilihat. Anda pun jadi tidak percaya diri karenanya. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusirnya dari wajah Anda!

Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah

Mata panda memang kadang mengganggu. Anda merasa sudah cukup tidur namun ketika terbangun di keesokan harinya, Anda mendapati adanya lingkaran hitam di bawah mata Anda. Yuk, kupas tuntas seputar lingkaran hitam mata di sini!

Apa saja penyebab munculnya lingkaran mata?

Berikut ini beberapa hal yang dapat memicu munculnya lingkaran hitam di bawah mata:

  • Alergi Kondisi yang membuat mata gatal dapat menyebabkan timbulnya lingkaran hitam pada mata, karena adanya garukan dan gosokan pada kulit sekitar mata. Selain itu, reaksi alergi tertentu juga dapat menyebabkan timbulnya lingkaran hitam pada mata, misalnya pada penderita dermatitis atopik.
  • Kelelahan Kurang tidur dapat menyebabkan kulit menjadi lebih pucat dan aliran darah di bawah kulit lebih terlihat kebiruan atau gelap.
  • Faktor genetika Kulit di area mata merupakan kulit yang paling tipis bila dibandingkan dengan kulit tubuh lainnya. Sama halnya dengan varises, lingkaran hitam pada mata dapat disebabkan oleh faktor genetika.
  • Anemia Kurangnya asupan nutrisi pada pola makan dapat menyebabkan timbulnya lingkaran hitam di sekitar mata. Salah satu kondisi yang paling menyebabkan hal ini adalah anemia defisiensi besi.
  • UsiaLingkaran mata hitam akan lebih terlihat seiring dengan peningkatan usia. Semakin usia bertambah, kulit akan kehilangan kolagen dan menjadi lebih tipis. Lingkaran hitam pun akan menjadi lebih terlihat di sekitar mata.

Bagaimana cara mengatasi lingkaran mata hitam?

Jangan cemas! Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, di antaranya:

  • Tidur yang cukup

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi lingkaran mata hitam adalah dengan tidur yang cukup. Cukup beristirahat tak hanya dapat mencerahkan area sekitar mata, namun juga membantu sel-sel kulit untuk regenerasi.

  • Kurangi konsumsi alkohol dan kafein

Konsumsi alkohol dan kafein yang berlebih dapat menyebabkan dehidrasi ringan dan membuat lingkaran mata hitam terlihat lebih jelas.

  • Gunakan krim pencerah khusus mata

Pastikan krim pencerah yang Anda gunakan memang ditujukan untuk area mata, karena kulit sekitar mata berbeda dari kulit tubuh lainnya. Jangan lupa juga untuk menghindari paparan sinar matahari langsung dan rajin menggunakan tabir surya.

  • Injeksi filler

Injeksi cairan filler dapat membantu apabila masalah Anda disebabkan oleh berkurangnya lemak di sekitar mata, sehingga menyebabkan timbulnya lingkaran hitam.

  • Laser

Tindakan laser dapat membantu mengurangi lingkaran hitam pada mata yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah. Selain itu, produk yang mengandung vitamin K juga dapat membantu mengurangi lingkaran hitam pada mata.

  • Kurangi konsumsi garam

Konsumsi garam dapat menyebabkan retensi cairan (air tertahan di dalam tubuh), sehingga dapat menyebabkan timbulnya kantong mata.

mata pandaAnti Aging

Konsultasi Dokter Terkait