Sukses

Osteoporosis dan Gigi Tanggal, Berhubungan?

Osteoporosis diyakini menjadi sesuatu yang dapat menyebabkan gigi tanggal. Namun, benarkah osteoporosis dan gigi tanggal merupakan sesuatu yang berhubungan? Berikut info medisnya.
Osteoporosis merupakan kondisi kesehatan yang berhubungan dengan tulang, di mana kelainan ini menyebabkan kerapuhan tulang sehingga berpotensi mudah terjadi patah tulang.

Di samping itu, osteoporosis juga berhubungan langsung terhadap kesehatan rongga mulut dan gigi. Satu hal yang perlu disadari adalah bahwa osteoporosis dapat menghambat pertumbuhan, atau bahkan merusak tulang rahang, sehingga dapat memicu masalah terhadap kesehatan rongga mulut dan gigi, termasuk penyakit pada gusi dan periodontal, serta gigi yang tanggal.

Efek osteoporosis terhadap gigi dan rongga mulut lebih berpengaruh terhadap wanita dibandingkan pria. Pasalnya, wanita yang sudah memasuki fase menopause dianggap lebih rentan terserang osteoporosis, kecuali mereka yang secara rutin sudah melakukan terapi untuk mengganti hormon yang hilang dan menyeimbangkannya.

Penting untuk diketahui bahwa apabila seseorang sudah kehilangan gigi geliginya dan tidak menggunakan gigi tiruan, efek osteoporosis juga masih dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan rongga mulut.

Selain itu, tulang yang rapuh dan hilang juga mempengaruhi daerah yang dapat “memegang” gigi palsu pada posisi yang tepat, sehingga menghasilkan gigi palsu yang tidak pas penempatannya. Penelitian mengatakan bahwa penderita osteoporosis yang menggunakan gigi palsu berisiko untuk mengganti gigi palsunya dengan yang baru, dibandingkan mereka yang menggunakan gigi palsu namun memiliki tulang yang masih kuat dan sehat.

Osteoporosis memiliki pengaruh yang besar pada bagian tulang rahang yang menopang gigi. Penelitian menunjukkan bahwa kerapuhan tulang ini dapat menyebabkan gigi goyang, maupun tanggal. Wanita penderita osteoporosis memiliki kecenderungan memiliki gigi yang mudah goyang ataupun tanggal dibandingkan mereka yang tidak menderita osteoporosis.

Tingkat kepadatan tulang yang rendah pada tulang rahang, yang dipicu akibat osteoporosis, sangat mempengaruhi kesulitan untuk memperoleh gigi palsu yang pas. Pada wanita dengan osteoporosis, hasil pada beberapa prosedur operasi gigi dan rongga mulut biasanya tidak sesuai harapan.

Cara yang paling baik untuk menangani masalah ini adalah dengan menghindari mengulur-ulur waktu untuk melakukan perawatan kesehatan gigi dan rongga mulut.

Mengunjungi dokter gigi langganan sangat penting dalam memperbaiki masalah di dalam rongga mulut dan gigi yang disebabkan oleh tulang yang rapuh. Selain itu, gaya hidup yang sehat juga diperlukan untuk menguatkan dan memelihara kesehatan tulang yang baik.

Cara yang efektif dalam mengoptimalkan kesehatan tulang adalah diet makanan yang seimbang, yang mengandung tinggi vitamin D dan kalsium, berolahraga secara rutin dan teratur, serta menghindari merokok dan konsumsi alkohol.

Dan yang paling penting, laporkan segera ke dokter gigi apabila terdapat keluhan pada gusi, gigi palsu yang tidak pas, ataupun gigi yang tanggal untuk diketahui penyebab pastinya.

0 Komentar

Belum ada komentar