Sukses

Protein Apa Saja yang Baik untuk Otak Anak?

Betapa pentingnya peran protein bagi anak, sehingga mampu memengaruhi perkembangan otak serta proses belajarnya. Yuk, simak lebih lanjut mengenai protein di sini!

Perkembangan otak anak memerlukan protein agar dapat berlangsung optimal. Protein ini dibutuhkan untuk pembentukan saraf serta komponen-komponen penunjangnya. Selain itu, protein juga dibutuhkan untuk membentuk senyawa tubuh yang berperan dalam kerja otak.

Apabila terjadi kerusakan sel saraf otak, proteinlah yang juga berperan dalam pembentukan sel saraf baru sehingga perkembangan otaknya tetap dapat berjalan lancar. Protein ini tidak hanya diperlukan dalam perkembangan otak anak setelah dilahirkan, melainkan sejak ia di dalam kandungan.

Jadi, apabila anak mengalami kekurangan energi protein dalam periode perkembangan otak di dalam kandungan maupun setelah lahir, dapat terjadi kerusakan sel otak beserta jaringan penunjangnya. Kerusakan ini berdampak pada berkurangnya jaringan otak sehat, sehingga hanya sedikit sel sehat yang dapat anak gunakan dalam proses belajarnya.

Sebenarnya berapa banyak protein yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak?

Jumlah asupan protein yang direkomendasikan adalah 1.12 gram untuk setiap kilogram berat badannya – untuk anak yang berusia 6 bulan. Untuk anak yang lebih besar, kebutuhannya perlahan menurun. Pada anak yang berusia 10 tahun, kebutuhan protein dalam makanannya adalah sebesar 0.74 gram untuk setiap kilogram berat badannya.

Apa saja sumber protein terbaik yang dapat diberikan untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak?

Sumber protein terbaik yang dapat diberikan untuk perkembangan otak anak dapat bersumber dari hewani maupun nabati. Protein hewani yang sangat baik untuk perkembangan otak anak adalah telur, daging merah, ayam, ikan dan produk olahan susu seperti keju.

Sedangkan sumber protein nabati yang baik untuk perkembangan otak anak adalah kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang polong, kacang tanah, kacang merah, tempe dan tahu.

Nah, mengingat pentingnya peranan protein dalam proses perkembangan otak tersebut, alangkah baik bila Ayah dan Bunda menaruh perhatian khusus pada nutrisi yang akan diberikan pada buah hatinya.

0 Komentar

Belum ada komentar