Sukses

Jangan Letakkan HP Dekat Kepala Saat Tidur

Teknologi yang seharusnya memudahkan bisa menjadi pedang bermata dua, terutama jika digunakan dengan tidak tepat. Simak penjelasan lengkapnya di sini.
Telepon seluler atau handphone memang sangat bermanfaat dalam kehidupan modern, mulai dari membantu kebutuhan kerja hingga memenuhi kebutuhan manusia berselancar di dunia maya sebagai hiburan melepas kepenatan. Dalam kondisi tersebut, tidak jarang orang membawa telepon selulernya dekat dengan kepala saat tidur. Hal ini tentu mempunyai efek karena ponsel, layaknya alat elektronik lain, juga memiliki gelombang radiasi.

Radiasi dari telepon seluler dapat mengganggu tidur seseorang. Gangguan tidur berupa sulit tidur ataupun mudah terbangun memberikan dampak signifikan pada kualitas tidur. Selain itu, efek samping lainnya adalah nyeri kepala dan gangguan memori.

Sebuah studi yang disponsori oleh sebuah perusahaan telepon seluler juga menjelaskan bahwa orang yang meletakkan telepon genggam dekat dengan kepalanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk tidur, dibandingkan dengan mereka yang menjauhkan ponsel saat tidur.

Penemuan lain yang tidak kalah mengkhawatirkan adalah kondisi ini banyak dialami oleh remaja dan dewasa muda (Karolinska Institute dan Uppsala University, Swedia). Mereka tergolong orang yang sering menggunakan telepon seluler di malam hari, waktu di mana mereka seharusnya membutuhkan tidur yang berkualitas. Kondisi tersebut akhirnya memicu penurunan kualitas belajar serta prestasi akademik.

Oleh karena itu, batasilah penggunaan telepon seluler sebelum Anda tidur. Jangan sampai teknologi yang seharusnya memudahkan malah membuat kondisi kesehatan Anda menurun.

0 Komentar

Belum ada komentar