Sukses

Belum 6 Bulan, Bolehkah Bayi Diberikan MPASI?

Banyak orangtua yang bertanya, apakah boleh jika belum 6 bulan bayi sudah diperkenalkan MPASI? Yuk, ketahui jawaban lengkapnya di sini.

Nutrisi merupakan salah satu aspek terpenting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Asupan nutrisi dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan energi yang digunakan untuk aktivitas dan pertumbuhan anak. Asupan nutrisi selama dua tahun pertama kehidupan sangat penting agar perkembangan otak anak optimal, karena 80 persen pertumbuhan dan perkembangan otak anak terjadi pada dua tahun pertama kehidupan.

ASI

Sesaat setelah kelahiran, bayi sudah membutuhkan asupan nutrisi. Pada saat ini asupan nutrisi yang paling tepat dan aman untuk bayi adalah ASI, karena sistem pencernaan bayi masih lemah dan baru siap menerima makanan berbentuk cair.

ASI mengandung segala kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh bayi usia 0-6 bulan yaitu lemak, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Jika proses pemberian ASI selama 6 bulan pertama berjalan dengan lancar, maka pada usia 6 bulan, berat badan  bayi akan bertambah menjadi dua kali lipat dari berat saat lahir. Saat inilah kebutuhan bayi semakin besar dan tidak dapat dipenuhi oleh ASI saja.

MPASI

Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) dapat dimulai sejak bayi usia 6 bulan. Sebenarnya, sejak usia 4-6 bulan, bayi sudah mulai mampu mengontrol kepala dan memiliki koordinasi mulut. Selain itu, gusi bayi mulai mengeras dan saluran pencernaan bayi sudah mulai menghasilkan enzim-enzim pencernaan. Namun pada usia 4-6 bulan, kemampuan makan bayi baru dalam tahap perkembangan, sehingga belum cukup sempurna untuk menerima makanan semi padat.

Bayi baru benar-benar siap untuk menerima makanan semi padat pada usia 6 bulan, sehingga berbagai organisasi kesehatan anak di dunia hingga saat ini menyarankan pemberian MPASI dimulai pada usia 6 bulan.

Jangan terlambat MPASI!

Keterlambatan pemberian MPASI dapat berdampak pada gagal tumbuh dan malnutrisi pada bayi. Telah dijelaskan di atas bahwa setelah usia 6 bulan, ASI saja tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi anak, sehingga jika pemberian MPASI tidak dimulai maka anak akan mengalami kekurangan energi dan menyebabkan anak mengalami gizi buruk dan gangguan pertumbuhan. Oleh sebab itu, pemberian MPASI pada waktu yang tepat yaitu saat bayi berusia 6 bulan sangat penting dilakukan.

Selain itu, perlu diingat bahwa walaupun anak telah mendapatkan MPASI, pemberian ASI masih tetap dilanjutkan hingga usia anak minimal 2 tahun.

Pemberian MPASI dimulai dari jumlah sedikit kemudian secara perlahan ditingkatkan. Pada usia 6-8 bulan sekitar 2/3 kebutuhan energi bayi masih diperoleh dari ASI, dan 1/3 dari MPASI. Selanjutnya pada usia 9-11 bulan, sekitar setengah kebutuhan energi bayi diperoleh dari ASI dan setengahnya lagi dari MPASI. Pada usia 12 bulan hingga 2 tahun, hanya 1/3 kebutuhan energi bayi diperoleh dari ASI dan 2/3-nya diperoleh dari MPASI.

Karena itu, pastikan bayi Anda mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal.

0 Komentar

Belum ada komentar