Sukses

Inilah Cara Melakukan Plank yang Benar

Pernahkah Anda mencoba latihan plank? Jika Anda merasa gerakan Anda belum sempurna, yuk baca cara melakukan plank yang benar di sini.

Slim & Fit

Plank merupakan salah satu latihan yang paling baik untuk menguatkan core tubuh dan memperbaiki postur tubuh.

Bergantung jenis dan tipe latihan yang Anda lakukan, Anda juga dapat menguatkan otot punggung, lengan, bahu, bokong dan paha. Kelebihan lainnya adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya atau mengeluarkan modal apa pun. Anda pun dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja.

Plank mungkin terlihat mudah, namun bagi Anda yang pemula akan sedikit berat untuk dilakukan.

Berikut adalah beberapa contoh latihan plank yang dapat Anda lakukan:

Ini merupakan latihan plank yang paling standar. Posisikan tubuh Anda seperti hendak push-up dengan siku ditekuk dan berada sejajar dengan bahu. Kaki harus sejajar dengan pinggul dan siku harus sejajar bahu. Katupkan kedua tangan Anda. Kontraksikan otot-otot perut Anda. Tubuh Anda harus sejajar dari ujung kepala hingga kaki. Tahan selama 60 detik atau selama yang Anda kuat.

Posisikan tubuh Anda seperti hendak bangun dari telungkup. Letakkan kedua tangan Anda lurus sejajar dengan bahu. Posisikan juga siku dengan lurus. Posisi tubuh harus sejajar dari ujung kepala hingga ujung kaki. Tahan berada di posisi ini.

Posisikan tubuh Anda miring dengan tangan kanan bertumpu pada lantai dan bobot tubuh Anda bertumpu pada kaki kanan. Dorong tubuh Anda ke arah atas dengan lengan kiri tegak lurus ke atas. Kontraksikan otot-otot perut bawah Anda. Tahan posisi ini selama 60 detik dan ulangi pada sisi kiri. 

Posisikan tubuh Anda tegak lurus dengan siku lurus dan kedua telapak tangan bertumpu pada lantai sejajar dengan kedua bahu. Angkat salah satu kaki Anda sehingga mengambang, namun kaki Anda harus tegak lurus sejajar dengan tulang belakang Anda. Tahan pada posisi ini selama 60 detik. Ulangi dengan kaki yang satunya. Posisi plank ini dapat membantu melatih keseimbangan Anda.

Lakukan seperti pada posisi sebelumnya dengan siku lurus dan kedua telapak tangan bertumpu pada lantai sejajar dengan kedua bahu. Putar tubuh bagian bawah Anda ke arah kiri kemudian ke kanan. Tekuk kaki kiri Anda hingga menyentuh siku, tahan selama 1 detik. Kembali ke posisi awal dan ulangi pada kaki kanan. Ulangi gerakan ini selama 20 kali. 

0 Komentar

Belum ada komentar