Sukses

Bolehkah Diet Detoks dengan Jus Buah Saja?

Diet detoks mengklaim dapat menurunkan berat badan hanya dengan minum jus buah dan sayuran. Namun, apakah ini sehat?

Slim & Fit

Bagi sebagian orang (mungkin Anda salah satunya), menurunkan berat badan membutuhkan perjuangan mati-matian. Rasanya semua cara sudah Anda lakukan, namun berat badan tetap saja tak kunjung turun. Berbagai jenis diet sudah Anda coba. Salah satu diet yang banyak dilakukan orang adalah diet detoks dengan hanya makan jus buah dan sayuran.

Seperti apakah diet detoks?

Diet detoks mengklaim dapat menurunkan berat badan hanya dengan minum jus buah dan sayuran (tanpa konsumsi makanan lainnya sepanjang hari). Tak hanya dapat menurunkan berat badan, metode diet ini juga menyatakan dapat membuang seluruh "racun" yang ada di dalam tubuh.

Benarkah diet detoks dapat menurunkan berat badan?

Cobalah Anda seharian hanya minum jus buah dan sayuran tanpa konsumsi makanan atau minuman lainnya. Tentu saja berat badan Anda akan turun karena asupan kalori yang sangat sedikit. Namun, hal ini tidak akan berlangsung lama karena jika Anda kembali pada pola makan semula, berat badan Anda akan kembali naik bahkan melonjak lebih tinggi. Karena tidak mungkin, bukan, seumur hidup Anda hanya minum jus buah dan sayuran saja?

Benarkah diet detoks dapat meluruhkan "racun" yang ada di dalam tubuh?

Tubuh kita memiliki sistem sendiri untuk pengeluaran zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Dalam hal ini, hati dan ginjal memegang peranan untuk mengeluarkan sisa pembuangan dan racun dari dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh tidak membutuhkan "asisten tambahan" untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Apa saja dampaknya melakukan diet detoks bagi kesehatan?

Terdapat beberapa efek samping yang bisa terjadi jika Anda melakukan diet detoks. Berikut di antaranya:

  • Anda menjadi tidak berenergi

Kebanyakan diet detoks dengan konsumsi jus buah dan sayuran hanya memberikan asupan kalori yang sangat rendah (sekitar 800 kalori per hari). Sedangkan kalori harian yang dibutuhkan orang dewasa adalah sekitar 2000 kalori per hari. Asupan kalori yang rendah akan membuat Anda menjadi lemah, lesu dan tidak berenergi saat beraktivitas.

  • Anda kekurangan nutrisi penting

Ya, buah dan sayuran memang baik untuk dikonsumsi karena kaya vitamin dan mineral. Namun jika Anda hanya minum jus buah dan sayuran sepanjang hari tanpa konsumsi makanan lainnya, Anda akan kehilangan nutrisi penting yang juga dibutuhkan oleh tubuh seperti protein dan lemak.

  • Anda akan kehilangan massa otot

Jika asupan protein dibatasi, Anda akan kehilangan massa otot di dalam tubuh. Ketika berat badan Anda kembali di angka normal, maka kebanyakan akan terdiri dari lemak.

  • Anda akan mengalami masalah pencernaan

Diet detoks akan membuat metabolisme tubuh menjadi melambat karena massa otot yang berkurang dan asupan kalori yang sedikit. Hal ini dapat menyebabkan Anda menjadi susah buang air besar. 

0 Komentar

Belum ada komentar