Sukses

Apakah Berenang Bisa Mencegah Osteoporosis?

Osteoroposis dapat dicegah dengan sering berolah raga, salah satunya dengan berenang. Namun, apakah berenang bisa mencegah osteoporosis? Berikut ulasannya.

Olahraga penting karena berbagai alasan, termasuk menjaga tulang tetap kuat. Olahraga adalah salah satu elemen penting dalam mencegah dan mengatasi osteoporosis.

Osteoporosis tidak dapat diremehkan, karena osteoporosis merupakan jenis penyakit tulang yang ditandai dengan semakin menurunnya kualitas jaringan tulang sehingga tulang menjadi lemah dan mudah patah.

Patah tulang dapat sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup, karena patah tulang dapat menyebabkan nyeri yang berkepanjangan, mempengaruhi kesehatan otot, dan menurunkan fungsi tubuh.

Olahraga menjadi suatu hal yang penting untuk kesehatan tulang. Pasalnya, orang yang aktif cenderung dapat mempertahankan kalsium untuk tetap tersimpan di dalam tulang mereka. Sementara itu, orang yang tidak aktif/tidak banyak bergerak akan sangat mudah untuk kehilangan kalsium.

Meskipun olahraga telah diyakini dapat membantu tulang tetap sehat dan padat. Namun, hal ini belum dapat diketahui secara pasti olahraga seperti apa yang benar-benar dapat memberikan manfaat untuk tulang.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa olahraga yang baik untuk mencegah dan menangani osteoporosis adalah olahraga yang melibatkan aktivitas melompat dan memberikan tekanan pada tulang, baik karena pengaruh gravitasi terhadap tubuh maupun karena gerakan otot. Hal ini dapat terjadi pada olahraga, seperti berjalan kaki dan lari.

Lalu, bagaimana dengan berenang, apakah benerang baik untuk mencegah osteoporosis?

Berenang dianggap sebagai sebuah olahraga yang tidak terlalu banyak mempengaruhi massa tulang. Pasalnya, berenang tidak banyak melibatkan pengaruh mekanik atau getaran pada tulang. Oleh karena itu, efek berenang terhadap massa tulang dapat dibilang hanya memberikan efek yang minimal. Namun, jika berenang ini dilakukan dengan kecepatan tinggi pada jangka waktu yang pendek dan dengan frekuensi 2-4 kali dalam 1 minggu maka berenang dapat merangsang metabolisme tulang lewat tahanan air.

Karenanya, dibutuhkan gerakan renang yang sangat bervariasi, berkecepatan tinggi, dilakukan secara berulang dan dalam waktu yang singkat untuk dapat memberikan pengaruh positif terhadap massa tulang.

0 Komentar

Belum ada komentar