Sukses

Benarkah Merokok Bisa Sebabkan Osteoporosis?

Osteoporosis dapat dipicu oleh pola hidup tidak sehat, salah satunya dengan merokok. Namun, benarkah merokok bisa sebabkan osteoporosis? Berikut info medis dari dr. Aldico Sapardan, Sp.OT.

Osteoporosis adalah suatu masalah kesehatan yang cukup sering terjadi. Osteoporosis ditandai dengan menurunnya kekuatan tulang secara menyeluruh.

Pada keadaan osteoporosis, tulang menjadi keropos sehingga menyebabkan mudah untuk terjadi patah tulang. Hal ini tentu dapat menjadi masalah kesehatan yang cukup serius karena dapat menyebabkan gangguan fungsi tubuh yang bermakna.

Osteoporosis atau tulang keropos dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan osteoporosis atau tulang keropos ini, misalnya asupan yang tidak mendukung, aktivitas fisik yang tidak memadai, dan adanya kebiasaan-kebiasaan buruk atau pola hidup tidak sehat yang dapat memicu tulang menjadi keropos.

Salah satu bentuk kebiasaan buruk atau pola hidup tidak sehat yang dapat memicu tulang menjadi keropos adalah kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok yang dilakukan ini dapat menyebabkan sang perokok kehilangan kalsium.

Sebuah studi pada kembar identik menunjukkan bahwa jika salah satu kembar telah menjadi perokok jangka panjang dan yang lainnya tidak, maka kembar yang menjadi perokok memiliki risiko patah tulang lebih dari 40%, dibandingkan dengan kembaran satunya yang tidak merokok.

Dari berbagai penelitian ditemukan cukup banyak alasan yang dapat menyebabkan hilangnya massa tulang karena merokok. Merokok memang telah terbukti dapat menyebabkan turunnya kepadatan tulang. Selain itu, merokok juga diketahui dapat meningkatkan risiko patah tulang.

Hal tersebut dapat terjadi karena kebiasaan merokok ini dapat mengganggu penyerapan kalsium di dalam usus sehingga tubuh tidak memperoleh asupan kalsium yang cukup untuk membangun kepadatan tulang yang baik.

Selain itu, pada penelitian lain juga ditemukan bahwa merokok dapat mempengaruhi produksi dan kerja hormon-hormon tertentu terkait dengan pembangunan dan penghancuran tulang. Terlebih lagi, ditemukan juga bahwa bahan-bahan kimia di dalam rokok dapat memiliki efek merusak secara langsung terhadap sel-sel tulang.

Perlu Anda ketahui bahwa hilangnya kalsium dengan cepat dan secara tidak wajar melalui ginjal adalah akibat dari mengonsumsi daging, garam, dan merokok, serta kurangnya melakukan aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari[1]. Oleh karena itu, apabila Anda dapat mengendalikan faktor-faktor tersebut, Anda akan dapat memiliki pengaruh yang sangat besar pada keberadaan kalsium di dalam tubuh Anda.

Sebagai kesimpulan, merokok ternyata memang dapat menyebabkan osteoporosis. Hal ini sudah dibuktikan di beberapa penelitian yang sudah di jelaskan di atas. Oleh karena itu, apabila Anda adalah seorang perokok, ada baiknya Anda segera menghentikan kebiasaan merokok tersebut. Dengan menghentikan kebiasaan merokok dan dengan mengonsumsi asupan kalsium yang cukup, maka kekuatan dan kesehatan tulang Anda akan dapat tetap terjaga.

0 Komentar

Belum ada komentar