Sukses

Waspada Jika Anda Nyeri Kepala Setelah Terjedot

Pernahkah kepala Anda terasa nyeri setelah terjedot? Jika nyeri kepala cepat menghilang, maka Anda tak perlu cemas. Tapi, bagaimana jika nyeri kepala tidak kunjung mereda?

Nyeri kepala setelah terjedot adalah hal yang mungkin biasa dialami oleh sebagian besar orang. Umumnnya nyeri kepala setelah terjedot ini akan menghilang setelah hitungan menit, hari, atau minggu. Selama nyeri kepala yang terjadi setelah terjedot ini tidak bertambah hebat dan perlahan-lahan mereda, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Akan tetapi bila nyeri kepala setelah terjedot ini memberat, tidak kunjung mereda atau bahkan membuat penurunan kesadaran, maka nyeri kepala tersebut tidak bisa dianggap remeh. Karena nyeri kepala ini mungkin bisa menjadi suatu tanda bahaya dan dapat mengancam kesehatan individu yang bersangkutan.

Nyeri kepala yang memberat setelah terjedot dapat menjadi pertanda awal adanya gegar otak atau bahkan perdarahan otak. Perdarahan setelah terjedot ini dapat terjadi di ruang antara otak dan selaput pembungkusnya (duramater). Jenis perdarahan ini dinamakan subdural hematoma.

Pada subdural hematoma, perdarahan yang terjadi bisa langsung banyak dan serta-merta menimbulkan gejala setelah kepala terjedot. Akan tetapi pada sebagian kasus subdural hematoma, perdarahan terjadi perlahan atau sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, gejala yang menyertai dapat muncul belakangan dan tidak segera disadari.

Bahayanya, bila gumpalan darah yang terbentuk cukup besar dan luas, gumpalan darah ini tidak hanya akan membuat nyeri kepala setelah terjedot tapi juga bisa mengakibatkan penurunan kesadaran, kelumpuhan sebagian anggota tubuh dan kerusakan otak akibat penekanan dari gumpalan darah tersebut.

Bagaimana cara mengetahui bahwa nyeri kepala setelah terjedot yang dirasakan adalah suatu tanda bahaya?

Bila Anda mengalami terjedot atau benturan kepala karena sebab apa pun dan mengalami gejala-gejala berikut:

  • Nyeri kepala hebat yang tidak kunjung mereda.
  • Kelemahan anggota tubuh tiba-tiba.
  • Kesulitan menelan.
  • Gangguan penglihatan.
  • Gangguan keseimbangan tubuh.
  • Gangguan bicara.
  • Mual, muntah.
  • Penurunan kesadaran.

Segeralah periksa diri ke dokter jika Anda mengalami gejala-gejala di atas. Dokter akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap kondisi Anda, apakah terdapat kemungkinan terjadinya perdarahan otak akibat terjedot tersebut atau hal-hal lainnya.  

0 Komentar

Belum ada komentar