Sukses

Pilih Bantal yang Tepat bagi Penderita Nyeri Sendi

Menurut penelitian, faktor utama yang menyebabkan nyeri sendi leher adalah penggunaan bantal yang salah. Karena itu, pemilihan bantal untuk tidur tidak bisa disepelekan.

Mungkin Anda sering menyalahkan matras tempat tidur atau posisi tidur Anda yang salah ketika Anda bangun tidur dengan nyeri di sendi leher.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang menyebabkan nyeri sendi leher adalah penggunaan bantal yang salah. Dengan cara inilah, Anda akan mencegah terjadinya cedera, kekakuan, dan nyeri pada pagi hari.

Leher kita terdiri atas otot, tendon, tulang rawan, dan tujug tulang kecil. Tujuh tulang kecil inilah yang menyusun daerah leher dan biasa disebut sebagai cervical. Cervical merupakan bagian dari tulang belakang. Seperti kita ketahui bahwa tulang belakang merupakan pusat sistem saraf sentral yang juga memfasilitasi pergerakan kepala dan leher.

Bantal yang tepat adalah bantal yang membuat leher sejajar dengan kepala dan tulang belakang, sehingga Anda harus menyesuaikan ukuran dan bahan dasar bantal yang akan Anda gunakan.

Berikut ini lima kiat dalam memilih bantal yang pas bagi penderita nyeri sendi leher:

  1. Feather pillow (bantal jenis bulu): Cobalah menggunakan bantal yang terbuat dari bulu, yang dengan mudah akan mengikuti lekuk leher Anda. Bantal jenis ini akan kempis sejalan dengan waktu sehingga harus diganti setiap tahun.

  2. Memory foam pillow (bantal jenis busa): Pilihan lain yang dapat menjadi alternatif adalah menggunakan bantal jenis busa yang akan menyesuaikan kepala dan leher Anda. Beberapa perusahaan pembuat bantal jenis ini menyatakan bahwa produk bantal busa dapat menjaga keselarasan tulang belakang.

  3. Hindari penggunaan bantal yang terlalu tinggi atau kaku, yang membuat leher tertekuk sepanjang malam sehingga menyebabkan nyeri leher ketika bangun tidur.

  4. Jika Anda tidur menyamping, posisikan tulang belakang Anda tetap lurus (jangan ditekuk). Kemudian gunakan bantal yang lebih tinggi dibandingkan bantal kepala Anda dan letakkan di bawah leher.

  5. Ketika Anda sedang duduk di dalam pesawat, kereta, mobil atau bahkan hanya di sofa untuk menonton televisi, gunakan horseshoe-shaped pillow (bantal bentuk “U” yang biasa dibawa bepergian) untuk menunjang leher Anda dan mencegah kepala jatuh ke salah satu pundak. Gunakan ukuran yang sesuai agar kepala tetap sejajar dengan tulang belakang, karena jika menggunakan ukuran yang terlalu besar maka akan membuat kepala Anda tertekuk ke depan.

Telentang dan menyamping merupakan posisi yang terbaik bagi tulang leher Anda. Hindari tidur tengkurap karena akan membuat kepala Anda miring atau menengok ke salah satu arah, sehingga bisa menimbulkan nyeri pada leher. Walaupun selama tidur posisi Anda berubah-ubah, tetapi cobalah untuk memosisikan posisi tidur awal yang sesuai.  

0 Komentar

Belum ada komentar