HomeIbu Dan anakKehamilanKram Saat Hamil, Ini Solusinya
Kehamilan

Kram Saat Hamil, Ini Solusinya

dr. Theresia Rina Yunita, 12 Apr 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kram saat hamil memang kadang mengganggu. Biasanya terjadi pada daerah perut atau bisa juga di area kaki. Bagaimana cara untuk menangani kondisi ini?

Kram Saat Hamil, Ini Solusinya

Jangan terlalu khawatir bila mengalami kram saat hamil, karena ini merupakan hal yang normal terjadi. Kram dapat terjadi di daerah perut Anda atau bisa juga di area kaki.

Selama kehamilan bayi berkembang di dalam rahim Anda, sehingga rahim akan melebar dan jaringan ikat di sekitarnya mungkin dapat mengalami kontraksi. Hal inilah yang menimbulkan kram perut saat hamil. Biasanya kram perut akan bertambah saat Anda bersin, batuk atau terjadi perubahan posisi.

Sedangkan kram yang terjadi di daerah lain seperti kaki biasanya terjadi saat trimester kedua dan ketiga. Bayi memberikan penekanan terhadap otot, sendi dan pembuluh darah. Jadi ketika Anda bergerak, akan timbul nyeri pada satu atau kedua sisi tubuh Anda.

Untuk menangani kram saat hamil, berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan di rumah:

  1. Beristirahatlah.
  2. Duduk apabila Anda terlalu banyak berjalan, atau ubah posisi duduk Anda apabila pada posisi tersebut membuat Anda kram.
  3. Berbaring ke samping dengan sisi tubuh yang berlawanan dengan sisi tubuh yang mengalami kram, serta letakkan kaki lebih tinggi dari kepala (kaki bisa diganjal dengan menggunakan bantal).
  4. Berendam dengan air hangat.
  5. Kompres bagian tubuh yang kram menggunakan botol berisi air hangat atau handuk hangat.
  6. Hindari stres. Lakukan relaksasi diri, misalnya duduk di sofa sambil membaca majalah, menonton televisi, atau mendengarkan musik yang menurut penelitian ternyata mampu mengurangi kram saat hamil.
  7. Gunakan alas kaki yang nyaman dan simpan dulu sepatu-sepatu hak tinggi Anda selama hamil.
  8. Lakukan gerakan-gerakan peregangan otot atau pijatan pelan di daerah yang mengalami kram.

Apabila kram perut dirasakan sangat hebat hingga mengganggu aktivitas, disertai timbulnya perdarahan dari vagina atau cairan vagina yang tidak seperti biasa, segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan untuk memastikan kondisi bayi Anda.

Kram hebat yang timbul di daerah perut pada trimester pertama bisa disebabkan oleh kehamilan di luar rahim (ectopic pregnancy) atau keguguran. Kram hebat di daerah perut yang terjadi pada trimester kedua bisa disebabkan oleh keguguran. Sedangkan pada trimester ketiga dapat merupakan tanda-tanda kelahiran prematur.

Nyeri Otot & SendiKram Saat Hamil

Konsultasi Dokter Terkait