Sukses

Bolehkah Diurut Saat Pegal-Pegal?

Ketika pegal-pegal, orang sering kali minta diurut agar cepat pulih. Tapi, apakah diurut memang cara yang tepat?

Pegal-pegal atau nyeri otot dalam bahasa kedokteran disebut myalgia. Kondisi ini dapat menyerang sebagian kecil otot tubuh atau seluruh tubuh Anda, mulai dari ringan hingga berat. Biasanya pegal-pegal berlangsung singkat namun dapat pula berlangsung berbulan-bulan.

Penyebab pegal-pegal yang paling sering ditemui adalah tegang otot, penekanan otot yang berlebihan, penggunaan otot yang berlebihan dan cedera otot ringan.

Penyebab lainnya yang kadang ditemui yaitu pada infeksi dan efek dari pengobatan, misalnya pada penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan penggunaan obat kolesterol jenis statin.

Untuk mengatasi pegal-pegal, Anda dapat melakukan beberapa cara ini:

  • Istirahatkan area tubuh Anda yang mengalami pegal-pegal.
  • Anda dapat mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri.
  • Kompres menggunakan es pada hari pertama hingga hari ketiga, kemudian dilanjutkan dengan kompres menggunakan air hangat setelah hari ketiga.
  • Pijat/urut area otot yang mengalami pegal-pegal.

Apakah diurut atau dipijat dapat menghilangkan pegal-pegal? Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diurut dapat menjadi pengobatan alternatif untuk mengurangi pegal-pegal. Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa diurut dapat mengurangi pegal-pegal pada 48% sampel yang diteliti.  Diurut, tentunya oleh terapis yang terlatih ternyata mampu menghilangkan berbagai keluhan seperti:

  • Nyeri/pegal-pegal otot.
  • Kekakuan otot.
  • Cedera akibat olahraga.
  • Stres, kecemasan dan depresi.

Dengan diurut rasa pegal-pegal dapat berkurang, namun Anda tetap tidak boleh melupakan pengobatan lainnya. Misalnya, dengan mengonsumsi obat penghilang nyeri dan berkonsultasi dengan dokter apabila pegal-pegal berlangsung lama dan tidak teratasi dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas.

Yang juga penting, lakukanlah urut dengan terapis yang telah terlatih. Terapi pijat atau urut kadang dapat menimbulkan rasa sakit pada kemudian hari, namun biasanya tidak menetap. Sedangkan apabila ketika dipijat atau diurut Anda merasakan nyeri hebat atau rasa tidak nyaman, segeralah bicarakan dengan terapis Anda. Karena penekanan yang telalu keras saat diurut dapat menimbulkan masalah lain yang tentunya berbahaya bagi kesehatan.

0 Komentar

Belum ada komentar