Sukses

Hati-Hati, Buah Juga Bisa Sebabkan Alergi!

Buah-buahan adalah makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi semua orang. Namun, ada sebagian kecil dari mereka yang alergi terhadap buah-buahan tertentu.

Beberapa jenis makanan yang kita ketahui sering menyebabkan reaksi alergi, di antaranya telur, susu sapi, dan kacang-kacangan.

Namun faktanya, seperti jenis makanan lainnya, buah-buahan juga dapat menyebabkan reaksi alergi meskipun jarang sekali terjadi. Lalu, apa saja jenis buah-buahan yang dapat menyebabkan alergi dan bagaimana pencegahannya?

Apa Jenis Buah-buahannya?

Buah-buahan yang paling sering menyebabkan alergi adalah apel, pir, ceri, persik, dan prem. Selain itu, buah-buahan yang mengandung banyak air seperti melon dan semangka juga dikenal dapat memicu alergi.

Di antara buah-buahan tersebut, yang diketahui dapat menyebabkan gejala alergi paling berat adalah buah kiwi. Si Kecil yang alergi terhadap kiwi kemungkinan juga dapat memiliki alergi terhadap pisang, alpukat, dan lateks.

Apa Penyebab Alergi Buah?

Kebanyakan alergi terhadap buah-buahan disebabkan oleh suatu protein yang dinamakan profilins. Selain pada buah-buahan tertentu, protein ini juga ditemukan pada serbuk sari bunga. Protein ini juga yang menyebabkan alergi terhadap serbuk sari bunga (hay fever).

Siapa Penderita Alergi Buah?

Reaksi alergi terhadap buah-buahan lebih umum terjadi pada anak yang lebih besar dan dewasa dibandingkan dengan anak kecil. Apabila terjadi pada anak kecil, berbagai penelitian – meskipun datanya masih terbatas – menunjukkan bahwa alergi buah ini cenderung akan dibawa hingga dewasa.

Bagaimana Gejala Alergi Buah?

Gejala alergi terhadap buah-buahan biasanya timbul dalam hitungan menit setelah mengonsumsi buah. Namun demikian, ada pula reaksi yang memakan waktu hingga satu-dua jam.

Reaksi yang dapat terjadi di antaranya ruam merah gatal pada kulit, serta bengkak pada mata, bibir, dan lidah.

Namun, gejala lebih sering terjadi jika Si Kecil mengonsumsi buah-buahan segar dibandingkan dengan buah-buahan yang telah diolah – misalnya digoreng, dikeringkan, dibuat kue, dan lain-lain.

Bagaimana Mencegah Alergi Buah?

Cara untuk mencegah agar alergi buah tidak muncul kembali adalah dengan menghindari konsumsi buah-buahan yang diketahui menyebabkan alergi. Jika sudah terlanjur timbul gejala alergi, Anda dapat memberikan sirup antihistamin kepada Si Kecil untuk menghilangkan gejalanya.

0 Komentar

Belum ada komentar