Sukses

Ide Akhir Pekan Seru untuk Si Kecil

Kehabisan ide bagaimana menghabiskan liburan akhir pekan bersama Si Kecil? Jangan khawatir. Anda dan keluarga dapat mengisi akhir pekan dengan berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Pada umumnya, sebagian besar keluarga memilih untuk menghabiskan akhir pekan di mal. Memang, mal adalah bangunan yang sangat multifungsi alias serba ada. Anda bisa melakukan belanja bulanan, makan siang bersama sekeluarga, atau sekadar cuci mata di berbagai toko-toko yang tersedia.

Selain itu, Si Kecil pun dapat bermain di pusat permainan anak yang tersedia di hampir seluruh mal di kota besar, berbelanja mainan baru, ataupun menyantap makanan dan camilan favoritnya.

Namun tak bisa disangkal, terkadang Anda dan keluarga merasa jenuh akan semua hal tersebut. Anda dan Si Kecil menginginkan suatu kegiatan dan suasana yang berbeda, tapi apa daya pekerjaan dan sekolah anak belum memungkinkan hal tersebut untuk tercapai.

Jangan khawatir, Anda dan keluarga dapat melakukan aktivitas baru yang bermanfaat dan menyenangkan, tanpa merogoh kocek dalam-dalam.

  1. Museum dan Taman Kebudayaan

Kapan terakhir kali Anda dan Si Kecil bertamasya ke museum? Mungkin Anda sudah tidak lagi dapat mengingatnya. Selain memberi suasana baru bagi Si Kecil, berjalan-jalan ke museum dapat memberikan banyak manfaat – salah satunya adalah memperkaya pengetahuan umum dan sejarah.

Si Kecil dapat memperkaya pengetahuannya dengan berbagai ilmu alam yang mengasyikkan di museum IPTEK. Ia dapat belajar sambil bermain. Atau, Anda dapat membawanya ke museum tekstil, museum serangga, museum telekomunikasi, dan lain-lain.

Bertamasya ke taman kebudayaan seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga dapat memperkaya khazanah budaya Si Kecil. Ia dapat mengenal berbagai suku di Indonesia beserta kebudayaannya masing-masing, mulai dari rumah adat, pakaian daerah, dan sebagainya.

Sisi kecerdasan yang terasah: Perjalanan ke museum dan taman kebudayaan akan melatih kecerdasan visual spasial Si Kecil. Jenis kecerdasan ini berhubungan dengan bentuk, gambar, pola, warna, desain, dan tekstur yang dapat dilihat dengan mata. Si Kecil yang menonjol dalam bidang ini umumnya mahir menggambar, melukis, membuat figur dengan tanah liat, serta mengolah kertas dan kain.

  1. Taman dan Kebun Raya

Bosan beraktivitas di ruangan tertutup? Anda dapat membawa Si Kecil menghabiskan akhir pekan di taman. Akhir-akhir ini telah dibangun cukup banyak taman dengan fasilitas yang memadai untuk berolahraga, bermain, atau sekadar bersantai.

Jika memiliki waktu lebih, Anda sekeluarga dapat bertamasya ke taman yang lebih besar, misalnya Kebun Raya Bogor. Di alam luas yang terbuka ini, Anda sekeluarga dapat berpiknik dan menikmati alam. Si Kecil juga dapat belajar mengenal berbagai tumbuhan yang berbeda-beda.

Sisi kecerdasan yang terasah: Akhir pekan di taman dan kebun raya akan membentuk kecerdasan naturalis Si Kecil. Ia akan terlatih untuk lebih menghargai segala sesuatu yang berhubungan dengan alam, seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, lingkungan, cuaca, dan lain-lain. Agar membuatnya semakin tertarik, Anda juga bisa mengajaknya untuk mengoleksi benda-benda yang berhubungan dengan alam seperti daun, serangga, kulit kerang, bahkan  memelihara hewan di rumah.

  1. Mencari Harta Karun

Ajaklah Si Kecil untuk melakukan permainan yang dapat meningkatkan ketangkasan, jiwa petualang, dan kecerdikan. Anda dapat membuat sebuah peta harta karun dan menambahkan berbagai petunjuk berupa teka-teki di setiap pos pemberhentian.

Permainan yang seru ini dapat dilakukan di rumah dan pekarangan, atau ketika bertamasya di taman yang lebih luas.

Sisi kecerdasan yang terasah: Permainan harta karun akan menstimulasi kecerdasan visual spasial pada Si Kecil. Jika distimulasi secara rutin, Si Kecil akan lebih mudah untuk mengingat letak benda dan lokasi, memiliki imajinasi yang tinggi, serta melatih kemampuannya untuk menggambar sesuatu.

0 Komentar

Belum ada komentar