Sukses

Waspada, Rokok Dapat Menghentikan Kesuburan

Tahukah Anda bahwa selain berbahaya bagi kesehatan tubuh pada umumnya, rokok juga dapat mempengaruhi kesuburan, khususnya pada wanita? Berikut info medis dari dr. Dyah Novita Anggraini.

Bagi Anda yang ingin segera mendapatkan keturunan namun mempunyai kebiasaan merokok, hendaknya Anda segera menghentikan kebiasaan merokok tersebut.

Lebih dari 20 penelitian membuktikan bahwa wanita yang merokok lebih dari 10 batang rokok dalam sehari dapat mengakibatkan gangguan kesuburan. Hal ini dikarenakan beberapa hal berikut:

  • Merokok dapat mengakibatkan gangguan di tuba falopi, seperti tuba falopi yang tersumbat. Tuba falopi merupakan tempat bertemunya sel telur dan sel sperma. Penyumbatan tuba falopi dapat menyebabkan kesulitan hamil.

Sel telur yang dihasilkan harus melewati saluran tuba falopi ini untuk bisa sampai ke rahim. Jika terjadi penyempitan, maka sel telur tidak akan sampai ke rahim dan sperma tidak akan bertemu dengan sel telur (tidak terjadi pembuahan) setelah penetrasi. Selain itu, penyumbatan tuba falopi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kehamilan ektopik.

  • Merokok dapat mengakibatan gangguan pematangan sel telur. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran, dan gangguan perkembangan janin.
  • Merokok dapat menyebabkan kelainan kromosom pada sel telur.

  • Dari hasil penelitian pada 4000 wanita, setelah program kehamilan selama tiga setengah bulan didapatkan hasil bahwa:

    • Hampir 60% wanita yang tidak merokok dapat hamil
    • Pada wanita yang merokok 1 sampai 10 batang rokok dalam sehari berkesempatan untuk hamil sebanyak 50%
    • Pada wanita yang merokok lebih dari 10 batang rokok dalam sehari berkesempatan untuk hamil sebanyak 45%

Sebagai kesimpulan, selain berbahaya bagi kesehatan tubuh pada umumnya, ternyata rokok juga dapat mempengaruhi tingkat kesuburan, khususnya pada wanita, sebagaimana telah dijelaskan di atas. Oleh karena itu, bagi Anda yang merokok, ada baiknya Anda segera menghentikan kebiasaan merokok Anda guna memudahkan dalam menjalani program kehamilan.

0 Komentar

Belum ada komentar