Sukses

Pijat Payudara untuk Memperlancar ASI

Pijat payudara dapat menjadi salah satu cara untuk memperlancar ASI, lho! Berikut pembahasan terkait pijat payudara untuk memperlancar ASI oleh dr. Dyah Novita Anggraini.

Bagi Anda yang saat ini merasa produksi ASI sedang menurun, Anda jangan khawatir. Pasalnya, terdapat beberapa cara untuk untuk dapat meningkatkan produksi ASI Anda, salah satunya dengan melakukan pijat payudara.

Pijat payudara yang dilakukan secara rutin setiap hari telah terbukti dapat meningkatkan produksi ASI karena dapat meningkatkan kadar prolaktin. Prolaktin merupakan hormon yang berperan dalam perkembangan payudara selama kehamilan dan menyusui. Dengan meningkatnya kadar prolaktin maka produksi ASI pun akan ikut bertambah.

Beberapa manfaat lain dari pijat payudara, yakni:  

  • Pijat payudara akan membantu membersihkan saluran susu di payudara sehingga susu akan mengalir lebih lancar dan mengosongkan payudara dengan cepat. Hal ini pada akhirnya akan memacu produksi ASI lebih berlimpah lagi.
  • Pijat payudara dapat memperlancar sirkulasi pembuluh getah bening dan pembuluh darah di sekitar payudara.
  • Pijat payudara dapat mencegah penyumbatan saluran susu di payudara.

Beberapa langkah pijat payudara yang dapat Anda lakukan sendiri secara rutin, yakni:

  1. Oleskan minyak pada kedua telapak tangan dan payudara Anda. Minyak yang digunakan dapat berupa olive oil atau baby oil.
  2. Angkat, lalu sanggah payudara kanan dengan menggunakan tangan kanan. Kemudian, pijatlah menggunakan tiga jari tangan kiri dengan gerakan memutar seperti spiral mulai dari pangkal payudara menuju areola. Sebaliknya, lakukan juga untuk payudara sebelah kiri. Lakukan gerakan secara perlahan sebanyak 30 kali pada masing-masing payudara.
  3. Letakkan kelima jari tangan kiri yang sedikit diregangkan di pangkal payudara kanan, lalu pijat dengan gerakan memutar sambil menekan payudara mulai dari pangkal payudara ke daerah areola.
  4. Lanjutkan gerakan di atas mulai dari arah samping, atau bagian dinding dada, menuju areola.
  5. Lakukan gerakan seperti kupu-kupu yang dimulai dari bagian tengah payudara lalu mengarah ke atas sambil kedua payudara diangkat dan dilepaskan bersamaan secara perlahan-lahan.
  6. Letakkan ibu jari tangan kanan dan kiri pada areola di atas puting susu payudara kanan dan letakkan jari yang lain pada areola di bawah puting susu. Tekan secara bersamaan ke arah dada, kemudian gerakkan ibu jari dan jari tersebut dengan gerakan memutar.
  7. Kompres payudara dengan air hangat. Gunakan handuk kecil, waslap, atau kain lembut lainnya.

Agar ASI lancar dan tidak terjadi pembengkakan, pijatlah payudara minimal 2 kali dalam sehari. Pijat payudara ini akan lebih baik dilakukan sebelum mandi.

0 Komentar

Belum ada komentar