Sukses

Pisang, Si Kuning dengan Sederet Manfaat

Pisang merupakan buah yang sangat mudah untuk ditemukan di Indonesia. Selain rasanya enak, pisang ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh orang yang mengonsumsinya. Apa saja manfaat pisang ini? Berikut ulasannya.

Pisang merupakan buah berkulit kuning yang mungkin sering Anda jumpai di kehidupan sehari-hari. Selain rasanya enak, pisang juga dapat memberikan kontribusi untuk kesehatan tubuh, dan tulang Anda.

Berikut pembahasannya:

  1. Pisang sebagai sumber energi tinggi

Karena kandungan vitamin dan mineral yang melimpah, pisang merupakan buah yang baik untuk tubuh. Nutrisi yang terkandung pada pisang, seperti karbohidrat, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan vitamin D akan memberikan efek positif bagi tubuh orang yang mengonsumsinya.  Selain itu, pisang juga kaya akan serat sehingga membuat tubuh orang yang mengonsumsinya merasakan rasa kenyang lebih lama.

Satu porsi pisang mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein, kalium 450 mg, serat 3 g, serta magnesium 34 mg. Asupan pisang yang direkomendasi untuk orang dewasa adalah 4700 mg per hari.

Oleh karena kandungan kalium yang tinggi pada pisang, berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan:

  • Kalium sangat penting untuk sistem saraf dan kontraksi otot. Kekurangan kalium dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi jantung. Selain itu, kalium juga dapat membantu untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan dipercaya mampu mengurangi risiko stroke.
  • Kalium dapat mencegah dehidrasi bagi orang yang terkena diare. Hal ini disebabkan karena kalium dapat mengisi kembali cairan elektrolit dalam tubuh yang habis karena dampak dari penyakit diare
  1. Pisang sebagai makanan untuk kesehatan tulang

Pisang dipercaya dapat menjaga kalsium, nitrogen, fosfor pada tubuh. Kalsium, nitrogen, dan fosfor berguna untuk membangun jaringan sehat dan meregenerasi sel tubuh.

Kandungan fructooligosacarida (FOS) pada pisang merupakan prebiotik yang dapat membantu dalam proses penyerapan nutrisi vitamin dan mineral, seperti kalsium, yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, kandungan vitamin D yang tinggi pada pisang akan membantu proses penyerapan kalsium oleh tubuh lebih optimal. Penyerapan kalsium yang optimal ini akan turut memperkuat tulang dan mencegah risiko terjadinya osteoporosis.

Selain vitamin D, kalium dan vitamin B kompleks yang terdapat pada pisang juga mampu menjaga kesehatan tulang. Kalium yang terdapat pada pisang mampu untuk menjaga densisitas tulang dengan mencegah hilangnya kalsium lewat urine. Sedangkan vitamin b kompleks yang ada pada pisang mampu untuk menjaga kadar homocysteine, atau asam amino yang di produksi oleh tubuh yang jika jumlahnya tinggi dapat meningkatkan risiko patah pinggul, tetap pada kondisi normal.

Dari ulasan tentang manfaat pisang di atas, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengonsumsi buah pisang sejak saat ini agar kesehatan tubuh, termasuk kesehatan tulang Anda, dapat terjaga dengan optimal.

0 Komentar

Belum ada komentar