Sukses

Ingin Tulang Kuat? Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda selalu dikaitkan dengan kondisi tulang orang yang mengonsumsinya. Mengapa demikian? Temukan jawaban dari dr. Irma Rismayanty di sini.

Minuman bersoda/berkarbonasi sangat mudah untuk ditemukan, misalnya di supermarket, restoran siap saji dan di warung-warung kecil. Minuman bersoda ini mungkin menjadi salah satu minuman favorit Anda, karena selain harganya yang tidak terlalu mahal, rasanya pun enak.

Namun, tahukah Anda bahwa minuman bersoda ini dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan, terutama bagi kesehatan tulang?

Seperti yang diketahui bahwa minuman bersoda kaya akan fosfor dalam bentuk asam fosfat. Fosfor merupakan mineral tulang yang penting dan dibutuhkan untuk membangun tulang yang sehat, serta membangun jaringan lain. Namun demikian, jika dikonsumsi secara tidak proporsional, antara fosfor dan kalsium, maka akan menyebabkan tulang menjadi keropos.

Oleh karena itu, minuman bersoda dapat mengganggu penyerapan kalsium dan menyebabkan ketidakseimbangan antara kandungan fosfor dan kalsium di dalam tubuh.

Ada beberapa peneliti yang mengemukakan bahwa meminum minuman bersoda dapat membuat kepadatan tulang menurun.

Berikut penjelasannya:

  • Peneliti di Tufts University menemukan bahwa wanita yang secara teratur meminum soda ≥3 kali dalam sehari secara teratur dapat memiliki kepadatan tulang pinggul lebih rendah 4%.

  • Penelitian lain yang dilakukan di Framingham menunjukan bahwa minuman bersoda dapat secara signifikan mengurangi massa tulang pinggul pada wanita. Selain mempengaruhi penurunan kepadatan tulang, minuman bersoda juga dapat meningkatkan kalori dan peningkatan berat badan karena kandungan gula di dalamnya. Karenanya, hal ini juga berkaitan dengan obesitas.

  • Joel Fuhrman, MD, mengungkapkan bahwa wanita yang meminum lebih dari 20 botol soda diet per minggu maka konsentrasi hormon paratiroidnya dapat meningkat. Peningkatan hormon paratiroid ini akan turut meningkatkan konsentrasi kalsium di dalam darah melalui pelepasan kalsium dari tulang. Hal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya massa tulang. Selain itu, ditemukan juga pengeluaran kalsium pada urin wanita tersebut. Hal inilah yang dapat menyebabkan densitas tulang menurun.

Dengan mengetahui gambaran negatif tentang minuman bersoda terhadap kesehatan tulang, alangkah baiknya Anda mulai saat ini membatasi minuman bersoda yang Anda konsumsi. Atau, gantilah minuman bersoda yang Anda konsumsi tersebut dengan air putih atau jus buah guna menjaga kondisi tubuh Anda tetap sehat dan kepadatan tulang dapat terjaga dengan baik sehingga Anda dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan optimal.

0 Komentar

Belum ada komentar