Sukses

Memilih Jenis Sabun yang Sesuai dengan Kondisi Kulit

Jenis sabun yang beredar di pasaran sangat bervariasi. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih jenis sabun yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Simak pemaparan dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK berikut ini.

Sabun adalah benda yang digunakan sehari-hari untuk membersihkan tubuh dari kotoran, debu, keringat yang menempel, bahkan untuk membersihkan kulit dari tumpukan sel kulit mati yang terbentuk secara alamiah.

Saat ini banyak jenis sabun yang beredar di pasaran. Pertanyaannya adalah sabun manakah yang paling baik?

Kita menggunakan sabun untuk membersihkan tubuh dan menjaga agar kulit tetap sehat. Namun, sabun juga dapat menghilangkan minyak alami tubuh dan justru dapat menyebabkan kulit menjadi mudah iritasi dan gatal. Dengan berbagai jenis sabun yang beredar di pasaran, kita perlu memilih sabun yang sesuai dengan kebutuhan dari jenis kulit masing-masing individu.

Berikut penjelasannya:

1. Kulit berminyak

Jenis kulit ini memiliki sebum, atau minyak alamiah kulit, yang berlebih. Kulit jenis ini biasanya sangat berminyak dan mudah berjerawat.

Sebaiknya, jenis kulit ini dibersihkan lebih sering, namun jangan berlebihan karena justru akan merangsang iritasi pada kulit. Bersihkan terutama area tubuh yang sering kotor dan berminyak, seperti lipat ketiak atau lipat paha.

Pilihlah sabun lembut yang dapat membantu membersihkan sebum berlebih, sekaligus juga membersihkan tumpukan sel kulit mati dan kotoran lain yang dapat menyumbat pori-pori.

2. Kulit kering

Kulit kering tidak memiliki sebum yang cukup dan sering disertai dengan rasa gatal yang mengganggu, karenanya, kelembapan kulit perlu dijaga.

Untuk menggantikan sebum yang kurang, pilihlah sabun yang berpelembap agar kulit Anda dapat terjaga kelembapannya lebih lama. Sabun berpelembap ini biasanya akan menimbulkan rasa licin setelah mandi. Perlu diketahui bahwa rasa licin ini disebabkan oleh pelembap yang ditinggalkan di atas permukaan kulit, bukan karena mandi yang tidak bersih. Jadi, hindari membilas tubuh hingga kesat pada saat mandi dengan sabun berpelembap agar keefektivitasan pelembap tersebut tidak berkurang.

3. Kulit normal

Kulit normal merupakan kondisi kulit yang tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering. Beruntung bila Anda memiliki jenis kulit ini, karena jenis kulit ini lebih mudah beradaptasi dengan hampir semua jenis sabun. Pilihlah sabun yang paling membuat Anda nyaman, tidak membuat kulit terasa kaku dan kering atau terlalu berminyak dan lengket.

4. Kulit sensitif

Kulit yang sensitif sangat mudah mengalami iritasi. Untungnya, saat ini telah banyak beredar sabun untuk kulit sensitif. Sabun untuk kulit sensitif biasanya mengandung kadar pH seimbang, dan tidak mengandung pewangi ataupun pewarna yang dapat mengiritasi kulit.

Jadi, mana sabun yang paling baik? Tidak ada satupun sabun yang sempurna, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda masing-masing. Sabun yang baik akan mampu menghilangkan debu, kotoran, minyak, dan rasa lengket tanpa menimbulkan rasa kering. Pilihlah sabun sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Selain sabun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan suhu air mandi yang digunakan. Biasakan mandi dengan suhu air yang tidak melebihi suhu tubuh Anda. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu menggunakan pelembap segera setelah mandi agar kondisi kulit Anda tetap terjaga kesehatannya.

0 Komentar

Belum ada komentar