Sukses

Pengaruh Usia Terhadap Masa Subur

Usia diyakini menjadi salah satu faktor terkait masa subur yang terjadi. Benarkah demikian? Berikut pemaparan dr. Dyah Novita Anggraini.

Seiring pertambahan usia, tubuh juga akan menghasilkan sel telur yang lebih rendah dan kualitasnya tidak akan sama seperti yang dihasilkan ketika masih muda.

Ketika Anda mencapai usia 30 tahun, jumlah dan kualitas sel telur mulai menurun. Hal ini akan berlangsung sampai Anda memasuki masa menopause.

Menopause adalah suatu masa di mana ovarium seorang wanita tidak lagi melepaskan sel telur setiap bulannya. Hal ini ditandai dengan tidak adanya menstruasi sehingga tidak reproduktif lagi.

Sebagian besar wanita dapat dengan mudah memperoleh keturunan dan mengalami masa kehamilan yang sehat sebelum berusia 35 tahun. Namun setelah berusia 35 tahun, wanita akan sulit untuk dapat hamil, dan jika hamil memiliki peningkatan risiko terjadinya keguguran.

Wanita di bawah umur 25 tahun akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pembuahan sebanyak 96% jika mereka mencoba di setiap bulan. Sedangkan untuk wanita yang berusia 25-34 tahun akan memperoleh kesempatan untuk mendapatkan pembuahan sebanyak 86% jika mencoba terus selama satu tahun.

Persentase keberhasilan pembuahan berdasarkan umur tanpa menggunakan obat peningkat kesuburan/teknik IVF (In Vitro Fertilization) menurut Henri Leridon.PhD dari French Institute of Health and Medical Research, adalah sebagai berikut:

1. Pada usia 30 tahun

  • Keberhasilan konsepsi (pembuahan) sampai persalinan terjadi dalam waktu 1 tahun memiliki persentase sebanyak 75%.
  • Keberhasilan konsepsi (pembuahan) sampai persalinan terjadi dalam waktu 4 tahun memiliki persentase sebanyak 91%.

2. Pada usia 35 tahun

  • Keberhasilan konsepsi (pembuahan) sampai persalinan terjadi dalam waktu 1 tahun memiliki persentase sebanyak 66%.
  • Keberhasilan konsepsi (pembuahan) sampai persalinan terjadi dalam waktu 4 tahun memiliki persentase sebanyak 84%.

3. Pada usia 40 tahun

  • Keberhasilan konsepsi (pembuahan) sampai persalinan terjadi dalam waktu 1 tahun memiliki persentase sebanyak 44%.
  • Keberhasilan konsepsi (pembuahan) sampai persalinan terjadi dalam waktu 4 tahun memiliki persentase sebanyak 64%.

Jika Anda berada di dalam rentan usia di atas, namun tidak sesuai dengan yang Anda alami saat ini, ada baiknya Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

0 Komentar

Belum ada komentar