Sukses

Apakah Telapak Tangan Pucat Berkaitan dengan Anemia?

Kondisi telapak tangan normal umumnya memiliki warna kemerahan. Lalu, apakah telapak tangan pucat berkaitan dengan anemia? Berikut info medis dari dr. Dina Kusumawardhani.

Tanpa Anda sadari, telapak tangan Anda dapat dipergunakan untuk melihat kelainan penyakit yang mungkin Anda derita, misalnya Anemia. Anemia atau kurang darah biasanya berkaitan dengan penurunan kadar hemoglobin (<12 g/dl).

Anemia dapat terjadi pada pria dan wanita di berbagai usia. Namun, wanita lebih berisiko menderita anemia, terutama wanita hamil dan wanita usia produktif yang masih mengalami menstruasi.

Di dalam tubuh, aliran darah dapat mencapai ke bagian tepi organ tubuh (perifer), salah satunya adalah tangan, termasuk telapak tangan. Fungsi hemoglobin dalam tubuh adalah mengikat oksigen agar dapat dialirkan ke seluruh tubuh. Aliran tubuh manusia berasal dari jantung sampai ke seluruh tubuh, mencapai bagian tepi organ tubuh/perifer, seperti telapak tangan.

Telapak tangan yang pucat biasanya berkaitan dengan tidak adekuatnya aliran darah tersebut karena oksigen yang dibawa oleh hemoglobin tidak mencukupi. Umumnya, telapak tangan yang memiliki kadar hemoglobin yang normal akan berwarna kemerahan, sedangkan telapak tangan yang berwarna agak pucat dapat diindikasikan dengan kurangnya kadar hemoglobin.

Dalam mendiagnosis anemia, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan sebagai berikut:

  1. Mengetahui tanda dan gejala anemia, misalnya mudah lelah, tidak dapat berkonsentrasi, adanya riwayat perdarahan, timbul keluhan sakit kepala yang berulang, adanya konsumsi makanan yang tidak adekuat dalam memenuhi kebutuhan zat besi, adanya penurunan berat badan, dan adanya kemungkinan penyakit kronis atau penyakit kelainan darah lainnya.

  2. Melakukan pemeriksaan fisik. Selain pada telapak tangan yang pucat, pemeriksaan fisik yang berkaitan dengan anemia juga dapat dilihat dari konjungtiva mata yang tampak pucat pada ke dua mata, ada atau tidaknya pembesaran hati dan limpa, adanya bengkak pada kaki (biasanya berkaitan dengan anemia yang disebabkan oleh penyakit ginjal), adanya kelainan tonus otot yang melemah, dan juga diperlukan pemeriksaan fisik pada anus (berkaitan dengan perdarahan dan juga curiga tumor/kanker)

  3. Pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan penunjang lain. Selain memeriksa kadar hemoglobin, dokter juga perlu mencari penyebab anemia yang terjadi. Adakah kelainan anemia yang terjadi berhubungan dengan penyakit tertentu, seperti penyakit kronik gangguan ginjal, jantung dan penyakit kronik lainnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan sesuai dengan indikasi medis yang diderita setiap pasien. Dan pasien akan diberikan tatalaksana yang sesuai dengan kondisi penyakit yang dialaminya.

Adakalanya anemia yang diderita karena nutrisi yang tidak adekuat. Penanganan anemia tergantung dari penyebabnya. Jika penyebabnya adalah karena kekurangan zat besi, maka dapat diberikan suplemen zat besi, dan penerapan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi.

Jadi, apabila Anda memiliki telapak tangan yang pucat disertai dengan gejala dan tanda penyakit seperti yang telah disebutkan di atas, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri Anda ke dokter.

0 Komentar

Belum ada komentar