Sukses

Pilih Kursi yang Nyaman dan Tepat untuk Bekerja

Kursi yang tidak nyaman bisa jadi penyebab pegal-pegal Anda selama ini. Apalagi jika Anda duduk seharian saat bekerja. Untuk itu, baca kiat memilih kursi yang tepat di sini.

Duduk sembari bekerja seharian di kantor tentu melelahkan. Belum lagi saat pergi dan pulang kantor yang mengharuskan Anda menghabiskan waktu berjam-jam di kendaraan sambil menerjang kemacetan. Sampai rumah sudah bisa ditebak. Pegal-pegal, nyeri pundak, otot tegang dan nyeri punggung bawah langsung mendera.

Anda pun langsung menuduh kebiasaan duduk lama yang menjadi biang keladinya. Ya, memang betul duduk dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi dalang di balik semua keluhan tersebut. Tetapi jangan salah, kursi kantor Anda yang tidak ergonomis bisa juga menjadi andil dalam penyebab nyeri punggung bawah.

Seberapa penting kita harus memilih kursi yang tepat untuk bekerja?

Memilih kursi yang ergonomis untuk bekerja sangatlah penting untuk mencegah cedera. Banyak studi yang mendukung hal tersebut. Pada suatu studi disebutkan bahwa sebesar 17.5% produktivitas karyawan meningkat pada karyawan yang menggunakan kursi dengan pengaturan yang ergonomis dibandingkan dengan kursi biasa.

Selain itu, karyawan yang menggunakan kursi ergonomis juga mengalami penurunan masalah otot dan tulang.

Mengapa? Ruas tulang belakang manusia bersifat unik pada masing-masing individu, seperti halnya sidik jari. Hal ini termasuk perbedaan variasi kelengkungan dan panjang tulang belakang. Jadi kursi dan bantalannya pun berperan penting dalam menyokong tulang belakang kita saat duduk.

Bagaimana kiat memilih kursi yang tepat?

Terdapat beberapa poin penting dalam memilih kursi yang tepat untuk bekerja, di antaranya:

  • Tinggi kursi

Tinggi kursi harus dapat dinaik turunkan dengan mudah. Tinggi kursi tentu disesuaikan dengan tinggi dan postur tubuh Anda. Pada umumnya jarak 40-50 cm dari lantai akan nyaman untuk digunakan. Kaki pengguna kursi sebaiknya dapat menggapai lantai dengan nyaman dan posisi tangan pun nyaman untuk bekerja.

  • Lebar dan kedalaman kursi

Bantalan kursi sebaiknya cukup lebar dan dalam (jarak antara bagian depan dudukan kursi dengan bagian belakang) yang dapat membuat pengguna merasa nyaman. Pada umumnya standar lebar kursi adalah 43-50 cm.

  • Lumbar support

Bagian kursi yang menyokong punggung bawah sangatlah penting. Tulang belakang area lumbar (sekitar punggung bawah) memiliki kelengkungan yang masuk ke dalam. Sehingga jika Anda duduk dalam jangka waktu yang lama tanpa adanya dukungan yang baik, maka dapat menyebabkan nyeri otot. Kursi yang ergonomis sebaiknya dapat membuat pengguna mengatur sendiri lumbar support-nya.

  • Sandaran kursi

Sandaran kursi harus cukup lebar dan nyaman untuk penggunanya. Jika sandaran kursi terpisah dari kursi, sebaiknya dapat diatur ketinggiannya dan dapat diputar-putar. Sandaran kursi juga sebaiknya dapat menyokong kelengkungan alami tulang belakang dan menyokong area punggung bawah.

  • Bantalan kursi

Bantalan kursi sebaiknya cukup empuk supaya pengguna dapat duduk dengan nyaman dalam jangka waktu yang lama.

  • Penyangga tangan

Penyangga tangan pada kursi juga sebaiknya dapat diatur supaya pengguna kursi dapat meletakkan lengannya dengan nyaman.

Contoh-contoh kursi yang baik menurut Ergonomics Seating Guide Handbook diilustrasikan sebagai berikut:

0 Komentar

Belum ada komentar