Sukses

Nyeri Punggung Karena Sepatu Hak Tinggi

Nyeri punggung bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk penggunaan sepatu hak tinggi yang terus-menerus. Bagaimana cara untuk menghindari nyeri punggung ini?

Wanita sepertinya tak bisa dipisahkan dengan sepatu hak tinggi atau high heels. Banyak wanita menganggap bahwa semakin tinggi hak sepatunya maka kepercayaan dirinya pun akan semakin meningkat. Namun, ternyata penggunaan sepatu hak tinggi dapat menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan Anda.

Bagaimana dampak penggunaan sepatu hak tinggi bagi kesehatan?

Penggunaan sepatu hak tinggi dalam waktu yang lama akan "memaksa" jari-jari kaki Anda untuk membengkok pada posisi yang tidak alami, serta dapat menimbulkan berbagai masalah seperti kuku cantengan, kerusakan pada tendon, bunion, plantar fasciitis, hingga nyeri punggung bawah.

Apakah penggunaan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan nyeri punggung bawah?

Ketika Anda menggunakan sepatu hak tinggi (di atas 5 cm), kaki Anda akan berada pada posisi plantar fleksi atau seperti berjinjit. Kaki Anda akan maju ke depan dan "memaksa" jari kaki untuk membentuk posisi yang tidak alami, dan bobot tubuh Anda juga akan lebih bertumpu pada jari kaki. Tumpuan bobot tubuh Anda ini akan menyebabkan Anda mengompensasinya dengan tubuh Anda lebih maju ke depan dan punggung membentuk lengkungan.

Postur tubuh Anda ini akan membuat otot dan ligamen penyangga di sekitarnya bekerja lebih keras untuk menjaga postur tubuh Anda tetap tegak (karena postur tubuh Anda yang tidak tepat). Hal ini dapat menyebabkan nyeri yang sering kali dirasakan pada punggung bawah. Selain itu, perubahan posisi pada tulang belakang ini akan meningkatkan tekanan pada saraf di pinggang dan menyebabkan penekanan saraf sehingga menimbulkan rasa nyeri dan baal pada kaki.

Apakah saya tidak boleh lagi pakai sepatu hak tinggi?

Anda tidak perlu buru-buru membuang seluruh koleksi sepatu hak tinggi Anda. Untuk mencegah nyeri, Anda dapat menerapkan beberapa kiat berikut:

  1. Pilih hak sepatu yang tepat

Pilihlah sepatu dengan hak yang rendah (kurang dari 2 cm) dan memiliki dasar hak yang lebar. Hak yang tebal dan lebar akan "membagi" bobot tubuh Anda.

  1. Pastikan ukuran sepatu Anda tepat

Walaupun Anda sangat suka model sepatu tertentu dan ukurannya tidak pas, jangan memaksa untuk membelinya. Ukuran sepatu yang tidak pas akan mendorong kaki Anda untuk lebih maju ke depan dan memberikan beban tekanan pada jari-jari kaki Anda. Pilihlah sepatu dengan rongga yang besar di mana Anda masih dapat menggerak-gerakkan jari Anda.

  1. Gunakan sepatu hak tinggi di waktu yang tepat

Gunakan hanya pada saat-saat di mana Anda tidak harus banyak berdiri atau berjalan.

  1. Ganti sepatu Anda

Hindari menggunakan sepatu hak tinggi Anda sepanjang hari dan ganti sepatu hak tinggi Anda dengan sepatu datar atau sepatu olahraga yang nyaman untuk berjalan.

  1. Peregangan

Regangkan otot-otot betis dan kaki Anda saat tidak mengenakan sepatu hak tinggi untuk menjaga otot-otot tetap rileks.

0 Komentar

Belum ada komentar