Sukses

Sakit Kepala Setelah Berenang, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Setiap kali habis berenang, kepala Anda pasti nyut-nyutan dan terasa tegang. Sebenarnya, apa yang terjadi pada diri Anda?

Apakah Anda pernah mengalami sakit kepala selama atau setelah berenang? Beberapa orang melaporkan adanya keluhan sakit kepala ketika berenang.

Kondisi ini biasanya bersifat sementara dan hilang setelah beristirahat sejenak. Yuk, kita kenali jenis sakit kepala yang satu ini!

Penyebab Sakit Kepala Setelah Berenang

Terdapat dua penyebab munculnya sakit kepala setelah berenang, seperti:

  • Sakit kepala akibat renang dapat disebabkan oleh kompresi eksternal, salah satunya penggunaan kacamata renang. Kacamata renang berfungsi melindungi mata Anda dari air kolam renang berklorin dan meningkatkan pandangan di dalam air. Kacamata renang menggunakan karet untuk mengencangkan kacamata renang tersebut.

Pada beberapa keadaan, kacamata yang terlalu kencang dapat menyebabkan penekanan pada saraf supraorbital, sehingga penderita akan mengeluhkan adanya nyeri pada daerah sekitar mata. Namun, sakit kepala akibat penekanan kacamata renang ini bisanya tidak berdenyut dan hilang jika tekanan kacamata sudah tidak ada. Dan sakit kepala jenis ini juga tidak berhubungan dengan mual dan muntah.

  • Perenang juga dapat mengalami nyeri kepala yang diakibatkan oleh olahraga itu sendiri atau dikenal dengan exertional headache. Nyeri kepala jenis ini memiliki ciri khas berdenyut, dan akan berlangsung selama 5 menit sampai 48 jam. Sakit kepala ini khususnya terjadi setelah berenang dengan intensitas yang berat. Sakit kepala ini terjadi akibat peningkatan aliran darah ke otak dengan cepat.

Penanganan Sakit Kepala Setelah Berenang

Berenang adalah olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan. Karena itu, ketahuilah beberapa cara untuk menghindari nyeri kepala saat berenang.

Gunakanlah kacamata renang dengan ukuran yang pas. Ketika Anda mulai merasakan adanya nyeri akibat tekanan kacamata renang Anda, maka kurangi kekencangan kacamata Anda. Pilih kacamata renang dengan konsistensi karet yang lebih lunak. Selain itu, jangan lupakan pemanasan sebelum berolahraga. Pemanasan adalah waktu yang digunakan untuk mempersiapkan tubuh Anda sebelum berolahraga.

0 Komentar

Belum ada komentar