Sukses

Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Kebiasaan mengikat rambut seperti buntut kuda ternyata dapat menjadi penyebab timbulnya keluhan nyeri kepala. Simak penjelasan medisnya di sini.

Menonton TV, berlama-lama di depan komputer, terpapar matahari yang menyengat dan menjelang siklus haid adalah beberapa hal yang sudah kita ketahui bersama dapat menyebabkan nyeri kepala.

Di luar hal-hal umum tersebut, tahukah Anda bahwa ada satu kebiasaan yang terutama banyak dilakukan para wanita, yang dapat menyebabkan nyeri kepala? 

Kebiasaan mengikat rambut seperti buntut kuda atau ponytail ternyata dapat menjadi penyebab timbulnya keluhan nyeri kepala.

Pada penelitian yang dilakukan oleh Blau JN pada tahun 2004, sebanyak 50 dari 93 responden wanita mengaku mengalami nyeri kepala setelah rambutnya dikuncir. Sebagian merasakan nyeri kepala di daerah tarikan saja, namun sebagian lainnya merasakan nyeri kepala yang menjalar ke samping, belakang hingga ke leher.

Mengapa menguncir rambut bisa menyebabkan nyeri kepala?

Saat menguncir rambut terlalu kencang, jaringan ikat di kulit kepala akan teregang kuat dan kondisi ini dapat memicu nyeri kepala. Bahkan, pada orang dengan rambut tebal dan lebat, menguncir rambut terlalu kencang juga dapat mengakibatkan nyeri hingga daerah leher.

Sebagian besar responden dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal Headache tersebut merasakan perbaikan nyeri dalam waktu kurang dari 30 menit setelah kuncir rambutnya dilepas.

Sebanyak empat orang merasa nyeri kepalanya hilang seketika setelah melepas ikatan rambut. Sisanya mengaku nyeri kepala yang mereka rasakan mereda setelah melepas ikatan rambut lebih dari satu jam.

Untuk mencegah nyeri kepala akibat mengikat rambut, berikut beberapa kiat yang dapat Anda lakukan:

  • Bila Anda memiliki rambut panjang dan enggan menggerai rambut, yang perlu diperhatikan adalah jangan mengikat rambut Anda terlalu kencang bila tidak ingin nyeri kepala menyerang.
  • Menjelang tidur, sebaiknya ikatan rambut ini dilepas agar rambut tidak tertarik-tarik saat tidur tanpa kita sadari.
  • Yang paling penting, jaga asupan makanan Anda agar rambut beserta akarnya senantiasa sehat dan kuat.

0 Komentar

Belum ada komentar