Sukses

Inilah 3 Penyakit yang Mengintai Saat Musim Hujan

Banyak penyakit yang mengintai saat musim hujan terjadi. Inilah 3 penyakit yang mengintai saat musim hujan yang paling sering terjadi.

Musim hujan tiba dan terasa semakin berat setiap harinya. Musim hujan ini adalah musim yang sangat cocok untuk perkembangbiakan berbagai bakteri, virus, dan jamur yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Berbagai penyakit di musim hujan membuat aktivitas sehari-hari penderitanya menjadi sangat terganggu sehinga kinerjanya menjadi semakin menurun.

Ada 3 penyakit utama yang harus diwaspadai oleh anak-anak maupun orang dewasa saat musim hujan terjadi, yakni:

Penyakit di Musim Hujan #1: Selesma dan Influenza

Selesma atau common cold, dan influenza merupakan penyakit umum yang sering terjadi. Penyakit tersebut dapat memberikan gejala yang sama, meskipun disebabkan oleh jenis virus yang berbeda.

Selesma disebabkan oleh Rhinovirus, sedangkan influenza disebabkan oleh virus influenza tipe A, tipe B ataupun tipe C. Kedua penyakit tersebut merupakan virus yang merajalela di saat musim hujan terjadi.

Sebagai penyakit yang terjadi di musim hujan, selesma dan influenza dapat semakin berat karena adanya penurunan daya tahan tubuh pada seseorang di saat musim hujan terjadi. Selain itu, virus-virus tersebut juga dapat menjadi lebih mudah berkembangbiak pada saat suhu tubuh menurun. Hal ini dapat menyebabkan penyebaran virus menjadi sangat cepat karena ketidaktahuan etika batuk atau bersin yang tepat, dan kegagalan untuk memelihara kebersihan tangan.

Penyakit di Musim Hujan #2: Hand-Foot-Mouth Disease

Penyakit di musim hujan berikutnya adalah Hand-Foot-Mouth Disease yang memiliki gejala berupa bercak nyeri pada mulut, tangan, kaki, dan terkadang pada daerah bokong dan tungkai bawah.

Penyakit ini disebabkan oleh enterovirus dan menyebar lewat batuk dan bersin. Selain itu, penyakit ini juga dapat menyebar lewat tangan yang kotor, terutama setelah tangan berkontak dengan feses, seperti saat setelah mengganti popok atau anak yang tidak mencuci tangan setelah dari toilet.

Penyakit di Musim Hujan #3: Diare

Penyakit di musim hujan yang utama lainnya adalah diare. Diare adalah penyakit sederhana yang banyak memakan korban jiwa yang tentunya memerlukan perhatian khusus. Pasalnya, penyakit yang dianggap sangat sederhana ini sering membuat penyakit ini tidak segera ditangani secara serius. Selain itu, faktor-faktor pencegahan penting, seperti kewaspadaan dalam memilih makanan dan menjaga kebersihan tangan saat makan, menjadi faktor utama penyebab diare yang sering terjadi pada saat musim hujan.

Untuk menjaga agar anggota keluarga tetap sehat dan terhindar dari penyakit di musim hujan, seluruh anggota keluarga perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Mencuci tangan menggunakan sabun kesehatan dengan benar dan teliti pada saat-saat penting, seperti sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah bermain, setelah dari toilet.
  2. Mengembangkan etika batuk dan bersin yang benar.
  3. Mencuci tangan setelah bersin atau batuk.
  4. Lebih teliti terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsi pada musim hujan.

Bukan hanya anak-anak yang perlu secara khusus memperhatikan kebersihan tangannya, orangtua sebagai pendidik utama juga harus melakukan hal ini. Pasalnya, orangtua merupakan seseorang yang sering berinteraksi dengan anak-anak. Oleh karena itu, orang tua juga harus memperhatikan kebersihan tangannya agar tidak menjadi sumber penyakit, dan anak-anak dapat mencontoh tindakan yang sangat baik tersebut.

0 Komentar

Belum ada komentar