Sukses

Menggosok Mata dengan Tangan, Amankah?

Menggosok mata dengan tangan merupakan suatu tindakan yang mungkin terlihat sepele. Namun, menggosok mata dengan tangan ternyata dapat berbahaya bagi kesehatan. Benarkah demikian? Berikut info medis dari dr. Jessica Florencia.

Kegiatan menggosok mata dengan tangan umumnya sering dilakukan oleh siapa saja. Sebenarnya, amankah mengosok mata dengan tangan?

Perlu Anda ketahui, tangan adalah bagian tubuh yang sangat efektif sebagai media perpindahan kuman. Jumlah kuman yang terdapat di permukaan tangan dapat menjadi sumber segala masalah kesehatan, mulai dari masalah saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan mata.

Terdapat kurang lebih 1500 bakteri hidup pada setiap 1 cm2 area kulit tangan. Dapatkah Anda bayangkan berapa jumlah bakteri yang terdapat pada tangan seorang anak yang luasnya 25-60 cm2? Lalu, bagaimana dengan jumlah bakteri yang terdapat pada tangan orang dewasa yang berukuran 300-450 cm2? Pasti akan sangat banyak.

Tangan seorang anak dapat memiliki 37.500-90.000 bakteri, sedangkan pada tangan orang dewasa dapat memiliki 450.000-675.000 bakteri. Sungguh jumlah yang sangat banyak, bukan? Jadi, dapat Anda bayangkan dampaknya jika tangan-tangan penuh bakteri tersebut menggosok mata tanpa mencuci tangan sebelumnya.

Pada tangan anak-anak ataupun tangan orang dewasa, bukan hanya ada bakteri saja, tetapi juga virus dan jamur yang dapat menjadi sumber infeksi bila tangan tersebut digunakan untuk menggosok mata.

Pernahkan Anda berpikir tentang mengapa infeksi mata atau mata merah mudah sekali menyebar? Tidak mencuci tangan adalah jawaban utamanya. Ketika seseorang menderita sakit mata dan orang tersebut menyentuh matanya, namun tidak mencuci tangan sebelum dan sesudahnya, maka virus yang menyebabkan infeksi mata tersebut dapat dengan mudah ditularkan kepada orang lain lewat kontak langsung maupun lewat benda-benda yang disentuh oleh mereka yang sedang mengalami infeksi mata.

Karenanya, seseorang yang matanya masih sehat namun jarang mencuci tangan dan orang tersebut sudah berkontak langsung dengan penderita infeksi mata maka infeksi mata tersebut akan dengan mudah berpindah.

Sebagai kesimpulan, menggosok mata dengan tangan sebelum mencuci tangan merupakan kegiatan yang tampak sepele dan tidak berarti namun dapat sangat berbahaya. Di samping itu, menggosok mata dengan tangan juga dapat melukai lapisan mata sehingga kuman dapat masuk melalui lapisan mata yang terluka tersebut.

Oleh karena itu, mencuci tangan dengan sabun kesehatan dan air yang mengalir merupakan suatu tindakan yang sangat penting untuk selalu diingat dan dilakukan, baik untuk anak-anak ataupun untuk orang dewasa, sebelum menyentuh ataupun menggosok mata.

0 Komentar

Belum ada komentar