Sukses

Cara Mengatasi Anak Susah Mandi

Anak susah mandi merupakan suatu kondisi yang harus segera diatasi. Bagaimana cara mengatasi anak susah mandi? Berikut info medisnya.

Anak susah mandi merupakan sebuah hal yang sudah tidak asing lagi. Pasalnya, mandi bukanlah aktivitas favorit anak-anak. Jika anak Anda termasuk ke dalam kelompok anak susah mandi dan tidak peduli terhadap kebersihan tubuhnya, maka Ayah dan Ibu tidak hanya merasakan hal ini sendiri.

Di seluruh belahan dunia, banyak sekali Ayah dan Ibu yang menghadapi masalah anak susah mandi. Ada banyak sekali alasan anak susah mandi dan cara untuk mengatasinya juga sangat bergantung dari faktor yang memicu perilaku anak susah mandi ini.

Pada dasarnya, sikap anak dalam memperhatikan kebersihan sangat dipengaruhi oleh keluarga. Penelitian yang dimuat oleh Journal of Child Health Care menunjukkan bahwa kebiasaan anak untuk menerapkan kebersihan bermula dan bergantung dari keluarga.

Ikatan antara orangtua dan anak yang baik, serta tersedianya waktu yang cukup dan efektif untuk orangtua mengajarkan kepada anak mengenai pentingnya kebersihan untuk kesehatan anak memegang peranan penting dalam mencapai keberhasilan melatih anak untuk peduli terhadap kebersihan dirinya. Baik untuk kebersihan tangan maupun untuk kebersihan tubuh secara keseluruhan.

Pasalnya, masalah anak susah mandi seringkali berkaitan dengan masalah emosional dibandingkan dengan masalah kognitif. Ada beberapa masalah utama yang biasanya menjadi penyebab anak susah mandi, yakni:

  1. Rasa Malas

Penyebab paling sederhana anak susah mandi adalah rasa malas. Malas meninggalkan aktivitas bermain. Malas berlama-lama di kamar mandi. Malas merepotkan diri dengan ritual mandi.

  1. Ingin Menunjukkan Kendali Diri

Anak susah mandi terkadang merupakan bentuk pemberontakan kecil-kecilan terhadap orangtua. Anak hanya ingin menunjukkan bahwa dirinya juga memiliki kendali terhadap dirinya sendiri dan merasa perlu melawan otoritas Ayah dan Ibunya.

  1. Sikap Masa Bodoh

Kenyataan bahwa seseorang tidak dapat mencium aroma tubuh dirinya sendiri seringkali menjadi alasan mengapa anak susah mandi. Anak merasa tidak kotor, merasa tidak perlu mandi, dan tidak peduli terhadap kebersihan dirinya.

Karena alasan-alasan ini lebih banyak berkaitan dengan aspek psikologis anak, maka ikatan antara orangtua dan anak yang menjadi dasar orangtua agar dapat mengatasi masalah anak susah mandi.

Selain itu, orangtua juga dapat membuat pengalaman mandi anak menjadi lebih menyenangkan dengan mandi menggunakan sabun kesehatan khusus. Pilihkan sabun kesehatan untuk anak yang dapat membantu menjaga kesehatan anak Anda. Dengan menggunakan sabun kesehatan ini, selain anak terlindungi dari bakteri berbahaya, anak juga tetap dapat memiliki pengalaman mandi yang menyenangkan.

Ayah dan Ibu tidak boleh lupa bahwa mengatasi anak susah mandi selalu dimulai dari orangtua. Jadi, Ayah dan Ibu tentu saja harus mandi dengan teratur menggunakan sabun kesehatan agar kebiasaan yang Ayah dan Ibu lakukan dapat ditiru oleh anak sehingga masalah anak susah mandi dapat teratasi.

0 Komentar

Belum ada komentar