Sukses

Menjaga Kulit Tetap Sehat Hingga Tua

Menjaga kulit tetap sehat sangatlah penting untuk dilakukan. Bagaimana cara menjaga kulit tetap sehat hingga tua? Berikut ulasan medisnya.

Menjaga kulit tetap sehat haruslah dilakukan. Pasalnya, kulit yang sehat dan awet muda tidak dapat datang dengan sendirinya. Untuk memilikinya, Anda harus melakukan perawatan yang tepat. Namun, bagaimana cara menjaga kulit tetap sehat hingga tua?

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

1. Menjaga kulit tetap sehat sejak dini

Anda tidak perlu menunggu hingga usia 30 tahun untuk mulai merawat kulit. Sebaliknya, para ahli menganjurkan agar para wanita memulai “ritual” untuk menjaga kulit tetap sehat sejak usia 20 tahun. Dasar perawatan inilah yang akan membentuk bagaimana keadaan kulit Anda saat tua nanti.

2. Menjaga kulit tetap sehat saat usia 20 tahunan

Berbagai perawatan kulit yang merepotkan tidak perlu dilakukan pada usia ini. Karenanya, perawatan dasar yang dibutuhkan pada usia ini hanyalah membersihkan, melindungi, dan melembapkan.

Bersihkanlah wajah dua kali sehari dengan pembersih lembut yang mengandung pelembap. Meskipun kebanyakan wanita pada usia ini memiliki kulit yang cenderung berminyak, bukan berarti Anda harus menggunakan pembersih yang membuat kulit kesat dan kering.

Pasalnya, pembersih yang membuat kulit kesat mengandung sodium lauryl sulfate, bahan kimia yang dapat menghilangkan minyak alami kulit. Sebagai akibatnya, lama-kelamaan kulit dapat menjadi kering, bahkan mengalami iritasi.

“Ritual” pagi hari yang wajib untuk dilakukan agar kulit terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung adalah dengan menggunakan tabir surya. Mengapa hal ini wajib untuk dilakukan? Karena paparan sinar matahari yang mengenai kulit secara langsung dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit kering dan munculnya garis-garis halus.

Sedangkan untuk “ritual” malam hari, gunakanlah krim pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Sebagai perawatan mingguan, Anda dapat menggunakan scrub untuk mengelupas kulit mati.

3. Menjaga kulit tetap sehat saat usia 30 tahunan

Saat menginjak usia 30 tahunan, perawatan dasar seperti yang dilakukan pada usia 20 tahunan tetap dijalankan seperti biasa. Namun pada saat usia 30 tahunan, ada sebagian wanita yang mengalami perubahan jenis kulit. Umumnya, perubahan yang terjadi adalah perubahan kulit berminyak menjadi kulit kering. Jika jenis kulit berubah, jenis produk perawatan wajah pun harus turut menyesuaikan.

Seiring bertambahnya usia, Anda pun dapat menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF yang lebih tinggi, misalnya tabir surya dengan kandungan SPF 30 ataupun 50.

Selain itu, Anda pun dapat menggunakan krim pelembap yang mengandung bahan antipenuaan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Bahan antipenuaan yang dapat Anda gunakan, misalnya retinol, retinoid, alpha hydroxy acid (AHA), asam hialuronat, niasinamid, vitamin C, dan antioksidan.

Retinol dan retinoid merupakan turunan vitamin A yang paling dikenal sebagai bahan antipenuaan dini. Retinol adalah versi ringan dari retinoid. Karena bersifat lebih “keras”, retinoid hanya bisa digunakan berdasarkan petunjuk dokter. Jika kulit Anda kering dan sensitif, berhati-hatilah menggunakan retinoid.

Anda yang memiliki kulit kering sangat cocok menggunakan krim yang mengandung asam hialuronat. Bahan ini berkhasiat melembapkan kulit dan merangsang produksi kolagen untuk menjaga agar kulit terjaga kekenyalannya.

Bagi Anda yang bermasalah dengan bekas jerawat dan bercak hitam, krim yang mengandung niasinamid sangat cocok untuk Anda.

Kulit kusam dapat diatasi dengan menggunakan krim alpha hydroxy acid (AHA). Bahan ini merupakan eksfoliator lembut yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan demikian, krim dan serum yang Anda gunakan dapat terserap oleh kulit dengan lebih baik.

Vitamin C dan antioksidan bermanfaat untuk mengurangi kemerahan dan peradangan kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat sinar matahari dan radikal bebas.

4. Menjaga kulit tetap sehat saat usia 40 tahun ke atas

Semakin bertambahnya usia, kulit akan semakin kehilangan kelembapan dan elastisitasnya. Kemampuan kulit untuk memperbarui dirinya pun akan semakin berkurang. Oleh karena itu, menggunakan perawatan kulit konvensional saja tidaklah cukup.

Terkait dengan perawatan kulit konvensional, sangat penting bagi Anda untuk selalu menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung pelembap, mulai dari sabun pembersih, serum, tabir surya, hingga krim malam.

Untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mungkin perawatan AHA yang biasa Anda lakukan sudah tidak cukup lagi. Karenanya, Anda dapat melakukan perawatan pengelupasan kimiawi, atau chemical peeling yang dilakukan oleh dokter.

Bercak-bercak hitam pada usia ini juga semakin membandel. Jika hal ini terjadi, Anda dapat melakukan terapi laser untuk menghilangkannya.

0 Komentar

Belum ada komentar