Sukses

Tips Kulit Tetap Cantik Saat Liburan

Kulit tetap cantik saat liburan, mengapa tidak? Berikut Tips kulit tetap cantik saat liburan oleh dr. Citra Roseno.

Tips kulit tetap cantik saat liburan memang harus dilakukan. Pasalnya, ketika Anda melihat kalender tahun 2016, mungkin ada diantara Anda yang telah menandai tanggal-tanggal tertentu untuk berlibur bersama teman atau keluarga.

Ketika Anda ingin berlibur, selain Anda harus mempunyai persiapan finansial, Anda juga perlu memperhatikan kesehatan kulit Anda ketika liburan agar kulit tetap cantik dan berseri sehingga liburan lebih menyenangkan.

Tips kulit tetap cantik saat liburan yang dapat Anda lakukan, antara lain:

1. Lakukan sedikit riset mengenai tempat tujuan

Ketahui bagaimana iklim dan cuaca daerah tujuan liburan Anda. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat mempersiapkan perawatan kulit yang sesuai dan menghindari hal-hal sebagai berikut:

  • Ketika berlibur dan beraktivitas di luar ruangan, seringkali kita tidak menyadari akan paparan sinar matahari terhadap kulit. Jadi, sebelum Anda keluar rumah, oleskan dahulu tabir surya dengan Sun Protection Factor (SPF) minimal 30 pada kulit wajah, leher, telinga, dan area yang tidak terlindungi pakaian. Meskipun sinar matahari tidak terik atau sedang berawan, tetap gunakan tabir surya karena paparan sinar UV (Ultra Violet) dapat menembus awan, jendela, hingga pakaian yang Anda gunakan.

  • Apabila aktivitas Anda menyebabkan Anda terkena air, atau tubuh Anda mudah berkeringat, tabir surya akan lebih cepat menghilang sehingga perlu dioleskan secara berulang setiap jam.

  • Ketika berlibur di iklim yang cenderung dingin dan kering, perhatikan kelembapan kulit wajah dan tubuh Anda. Selalu oleskan pelembap bibir (lip balm) untuk mencegah bibir menjadi kering dan pecah-pecah, serta oleskan juga losion pelembap ke seluruh tubuh.

Selain memperhatikan hal-hal di atas, Anda juga disarankan untuk menggunakan sabun berpelembap ketika Anda mandi agar kulit senantiasa sehat dan terawat kecantikannya sehingga Anda akan tampil semakin percaya diri ketika liburan.

2. Tidur cukup dan berkualitas

Liburan adalah waktu bercengkerama dengan teman atau keluarga. Hal ini sering berakibat pada lupa waktu, bahkan sampai begadang. Kurangnya waktu tidur dapat memicu timbulnya lingkaran hitam di bawah mata, yang tentunya dapat membuat Anda nampak lelah dan tidak segar. Kebiasaan ini juga akan membuat kulit cepat menua.

Jika memang terpaksa kurang tidur, perbanyak konsumsi air, buah-buahan, dan sayuran untuk mengembalikan hidrasi kulit, serta lakukan kompres dingin pada daerah mata. Selain itu, Anda juga dapat menyamarkan lingkaran hitam tersebut dengan menggunakan concealer.

3. Jangan lupakan olahraga

Masa liburan bukan berarti Anda ikut libur dari aktivitas olahraga. Menjaga tubuh tetap aktif tidak hanya bermanfaat menurunkan berat badan, namun juga dapat mengencangkan bentuk tubuh, membuat Anda tidur lebih nyaman dan membuat Anda selalu bereneregi.

Olahraga meningkatkan aliran darah yang membawa oksigen dan nutrien ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Akibatnya kulit tetap cantik karena beregenerasi dengan baik.

Berbagai aktivitas fisik saat liburan dapat dikategorikan sebagai olahraga. Misalnya bermain sepak bola bersama keluarga, mencoba kegiatan wall climbing, aktivitas outbound, berenang di pantai, piknik dan berjalan-jalan di taman, atau yang lainnya. Jika dilakukan bersama-sama kerabat atau keluarga, olahraga akan menjadi lebih menyenangkan.

4. Hati-hati dalam memilih makanan

Jika Anda mengunjungi daerah yang menjadi pusat wisata kuliner, maka godaan untuk mencoba berbagai jenis makanan akan selalu datang. Tidak masalah jika Anda sekedar mencicipi atau makan secukupnya. Yang perlu dibatasi adalah makanan minuman yang tinggi gula dan sodium. Metabolisme gula yang berlebihan dapat merusak jaringan kolagen kulit. Padahal, kolagen inilah yang berfungsi menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

Jadi, batasilah konsumsi makanan manis. Sementara itu, sodium, seperti yang terkandung dalam minuman bersoda, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat membuat kulit sembap atau tampak bengkak, terutama pada daerah mata dan garis rahang.

0 Komentar

Belum ada komentar