Sukses

Berenang, Kegiatan Menyenangkan dan Menyehatkan untuk Si Kecil

Dengan berenang, Si Kecil tidak hanya belajar untuk menghilangkan rasa takut pada air. Ia juga dapat menjadi lebih sehat serta bugar!

Selama ini banyak yang menganggap bahwa berolahraga adalah “kewajiban” orang dewasa dan lanjut usia. Padahal anak-anak juga perlu melakukan aktivitas fisik secara rutin, misalnya berenang. Kegiatan berenang tidak hanya sekadar untuk rekreasi atau senang-senang, tetapi juga dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan.

Berenang merupakan olahraga yang memiliki dampak risiko yang rendah serta mudah terjangkau, sehingga sangat cocok untuk segala jenis usia. Aktivitas kardiovaskular ini juga berguna untuk kesehatan jantung dan paru-paru, dapat memperbaiki fleksibilitas dan keseimbangan, dan meningkatkan stamina. Selain itu, berenang tidak terlalu memberikan beban dan ketegangan pada sendi.

Berenang juga dapat mengoptimalkan kecerdasan kinestetik Si Kecil. Kecerdasan kinestetik berkaitan dengan kemampuan menggunakan gerak seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaannya, serta keterampilan menggunakan tangan untuk mencipta atau mengubah sesuatu. Kecerdasan ini meliputi kemampuan fisik yang spesifik, seperti koordinasi, keseimbangan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, kecepatan dan keakuratan menerima rangsang, sentuhan, dan tekstur.

Si Kecil usia 11 bulan sudah dapat diajak berenang. Bunda/Ayah harus memperhatikan agar air kolam renang tersebut hangat, dan Si Kecil sedang tidak mengalami batuk, pilek, atau infeksi telinga. Lakukan aktivitas berenang saat matahari tidak sedang terik. Gunakan tabir surya yang aman sebelum berenang agar kulit terlindung dari sinar UV matahari.

Namun, untuk belajar berenang secara serius, The American Academy of Pediatrics menyarankan agar pelajaran berenang diberikan kepada Si Kecil yang sudah berusia 4 tahun atau lebih.

Satu atau dua jam sebelum berenang, Si Kecil bisa makan makanan yang mengandung karbohidrat – salah satu sumber energi yang baik untuk tubuh. Karbohidrat dapat diperoleh dari susu, bubur, roti, kentang, pisang, dan sebagainya. Dengan mengonsumsi makanan berkarbohdirat dalam jumlah cukup, Si Kecil akan memiliki energi untuk bergerak di dalam air.

Untuk susu, pilihlah susu yang mengandung nutrisi lengkap yang baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. Bunda/Ayah dapat menyajikannya dengan bervariasi, misalnya mencampur susu ke dalam serealia atau membuat milkshake dengan bahan susu, pisang, vanili, dan lain-lain. Berikan dalam porsi yang tepat sebelum Si Kecil berenang, agar ia tidak merasa mual.

KALBE Nutritionals bekerja sama dengan Morinaga Nutrition Research Center Jepang menyajikan rangkaian produk Morinaga, yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendukung tumbuh kembang Si Kecil secara optimal. Rangkaian produk Morinaga terdiri dari:

1. Morinaga Platinum Moricare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Platinum Moricare+ Prodiges (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum Moricare+ Prodiges (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan yang hadir dengan sinergi nutrisi tepat Moricare+ Prodiges. Dilengkapi dengan Faktor Kecerdasan Multitalenta yang mengoptimalkan penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar; Faktor Pertahanan Tubuh Ganda yang meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit; serta Faktor Tumbuh Kembang Optimal yang membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

2. Morinaga Gold

Morinaga Gold terdiri dari Morinaga Chil Kid Gold (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Gold (4-12 tahun). Kandungan nutrisinya terdiri dari kolin, asam lemak esensial AAL, zat besi, prebiotik laktulosa, laktoferin, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan Si Kecil sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

3. Morinaga Soya Moricare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Soya (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan bergizi berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa, untuk mengatasi gejala alergi susu sapi pada Si Kecil yang sudah didiagnosis alergi susu sapi.

4. Morinaga P-HP Moricare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid P-HP merupakan susu pertumbuhan bergizi untuk Si Kecil usia 1-3 tahun, yang dapat mengurangi risiko alergi bagi Si Kecil yang berbakat alergi. Morinaga Chil Kid P-HP mengandung protein susu sapi yang telah diolah secara enzimatik, sehingga lebih mudah dicerna dan mengurangi reaksi hipersensitivitas serta risiko alergi bagi Si Kecil yang memiliki riwayat alergi.

0 Komentar

Belum ada komentar