Sukses

Menumbuhkan Minat Membaca pada Si Kecil

Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, Si Kecil dapat memperoleh berbagai pengetahuan yang berharga bagi perkembangannya.

Si Kecil biasanya baru bisa membaca setelah usia lima atau enam tahun. Sebelum usia tersebut, kebanyakan anak umumnya belum membentuk jaringan saraf yang dibutuhkan untuk memproses huruf dan kata di dalam otaknya. Meski demikian, ada pula sebagian kecil anak yang sudah dapat membaca pada usia yang lebih muda.

Bunda/Ayah dapat memulai dengan membuat tulisan namanya yang diukir dari kayu untuk diletakkan sebagai pajangan di kamar tidurnya. Ketika Si Kecil mulai mengerti, ia umumnya akan mulai tertarik dengan huruf dan mengeja namanya sendiri. Berangkat dari hal itu, diharapkan Si Kecil akan mulai tertarik belajar membaca.

Selain itu, Bunda/Ayah bisa menumbuhkan minat baca Si Kecil sejak dini dengan cara ini:

  • Mengenalkannya kepada buku bergambar dan berwarna yang menarik. Tunjukkan padanya bahwa membaca buku itu bermanfaat dan menyenangkan. Bunda/Ayah pun dapat memulai ritual membacakan buku dongeng kepada Si Kecil, untuk menanamkan rasa suka membaca kepadanya.

  • Buatlah kegiatan membacakan buku kepada Si Kecil lebih berarti, dengan menanyakan beberapa pertanyaan seputar cerita tersebut kepadanya. Hal tersebut diharapkan akan melatih Si Kecil untuk belajar menyimak, berinteraksi dengan cerita, dan menambah perbendaharaan katanya.

Ketika Bunda/Ayah membacakan cerita mengenai kelinci dan kura-kura, misalnya Bunda/Ayah dapat meminta Si Kecil menunjuk mana si kelinci, mana si kura-kura. Bunda/Ayah dapat menanyakan berbagai pertanyaan seputar cerita tersebut sebelum, selama, dan setelah membacakan buku. 

  • Sebelum Bunda/Ayah membalik halaman berikutnya, tanyakan pendapatnya mengenai kelanjutan cerita menurut versinya. Bunda/Ayah bisa menanyakan, apa yang akan terjadi kepada si kura-kura seandainya ia membuat suatu keputusan tertentu. Bunda/Ayah juga dapat mengenalkan emosi yang dirasakan oleh karakter di dalam cerita itu kepada Si Kecil. Pada akhir cerita, mintalah Si Kecil membuat kesimpulan mengenai cerita tersebut berdasarkan versinya.

  • Sebagai orangtua, Bunda/Ayah harus menunjukkan teladan yang baik dengan turut menjadikan membaca buku sebagai kebiasaan. Dengan demikian, Si Kecil pun menyadari bahwa membaca itu sangat penting dan menyenangkan.

Kecerdasan linguistik sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengoptimalkannya, menumbuhkan minat membaca pada Si Kecil hanyalah salah satu cara. Selebihnya Anda dapat memberikan mainan huruf alfabet, kertas untuk menulis, atau  mainan yang berkaitan dengan huruf. Lalu, Bunda/Ayah dapat melihat sejauh mana kemampuan dan bakat Si Kecil. Selamat mencoba!

0 Komentar

Belum ada komentar