Sukses

Cara Membuat Si Kecil Suka Matematika

Simak kiat-kiat ini agar Si Kecil dapat belajar menyukai matematika.

Selama ini matematika dikenal sebagai momok yang menakutkan bagi anak-anak. Banyak anak yang mengalami kesulitan dalam pelajaran satu ini. Tak jarang orangtua menjadi stres dalam mengajari anak mereka, dan akhirnya menyerahkan tugas tersebut kepada guru les.

Membuat Si Kecil menyukai matematika tentunya memang tidak mudah. Hal ini disebabkan salah satunya karena banyak orang di sekitarnya – termasuk orangtua – menceritakan pengalaman pribadi yang tidak menyenangkan seputar matematika. Hal ini membuat matematika menjadi hal yang menakutkan di benak Si Kecil.

Manfaat Matematika untuk Si Kecil

Matematika adalah ilmu yang sangat berguna untuk dikuasai. Matematika bisa digunakan untuk menyelesaikan problem kehidupan sehari-hari. Mulai dari yang sederhana seperti memasak dan berbelanja, hingga yang rumit dan menyangkut profesi seperti teknik dan finansial.

Matematika dapat mengasah kemampuan penalaran dan analisis Si Kecil, yang tentunya dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan.

Mengenalkan matematika kepada Si Kecil sejak dini juga akan membuat ia lebih terbiasa terhadap masalah dan tidak takut untuk berpikir dan memecahkannya.

Jadikan Pelajaran Matematika Menyenangkan

Sebagai orangtua, Bunda dan Ayahlah yang memiliki peran utama untuk menciptakan gambaran matematika yang menyenangkan pada diri Si Kecil. Belajar matematika akan menjadi menyenangkan dan mudah ditangkap jika dilakukan sambil bermain. Berikut adalah contoh permainan yang dapat dilakukan:

  • Usia di atas 12 bulan

Ajaklah Si Kecil bermain permainan yang dapat membangun kemampuan bangun ruangnya, seperti menyusun balok, puzzle, dan rubik’s cube.

  • Usia di atas 5 tahun

Ajaklah Si Kecil untuk memainkan permainan yang mengandung unsur matematika di dalamnya, seperti monopoli dan ular tangga.

  • Usia sekolah (di atas 6 tahun) 
    • Masukkan matematika ke dalam aktivitas yang menyenangkan, seperti memasak, berbelanja, dan bepergian. Anda dapat memberikan pertanyaan kepada Si Kecil sambil memasak, “Jika di resep membutuhkan 5 telur, sementara kita baru memiliki 2 telur, berapa telur lagi yang kita butuhkan untuk membuat kue?”
    • Bacakan buku yang bertemakan matematika kepada Si Kecil.
    • Berikan Si Kecil hadiah jika ia telah berhasil menguasai suatu kemampuan matematika baru. Hadiah tidak perlu mahal, namun menggambarkan niat tulus Anda memberikan penghargaan kepadanya. 

0 Komentar

Belum ada komentar