Sukses

Kolam Renang Tidak Bebas Kuman!

Kolam renang yang terlihat bersih dan jernih ternyata tidak selalu terbebas dari kuman. Mengapa kolam renang tidak bebas kuman? Lalu, apa yang dapat kita lakukan terkait hal ini? Berikut ulasannya.

Kolam renang ternyata tidak bebas kuman. Tampilan kolam renang memang bisa saja menipu, air yang jernih dan tampak bersih, tidak berbau busuk, dan bebas lumut dengan mudah dapat membuat kita berpikir bahwa kolam renang merupakan area yang aman dan bebas kuman.

Namun pada kenyataannya, hal tersebut tidaklah benar. Padahal, banyak sekali orang yang menyukai kegiatan renang, termasuk anak-anak.

Dalam dunia kesehatan, air di kolam renang dapat menyebabkan Recreational Water Illness (RWI) atau sekelompok penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bahan kimia yang ditemukan di dalam air kolam renang.

Pasalnya, air kolam renang dapat tercemari oleh kuman yang berasal dari dari rambut, dari materi feses atau urin yang secara tidak langsung keluar tanpa disadari dari saluran pencernaan, dan juga dari kulit orang-orang yang berenang di kolam renang. Kuman-kuman ini terlihat kasat mata dan dapat menyebabkan air kolam renang menyebabkan Recreational Water Illness (RWI).

Recreational Water Illness (RWI) dapat terjadi karena kuman yang tertelan, terhirup, ataupun mengenai kulit. Selain itu, kuman yang juga mengenai organ, seperti telinga atau mata juga dapat menyebabkan terjadinya Recreational Water Illness (RWI). Penyakit-penyakit yang terjadi akibat hal ini adalah infeksi spektrum luas pada saluran pencernaan, kulit, telinga, mata, saluran pernapasan, dan sistem pernapasan.

Oleh karena itu, untuk memastikan agar Anda tidak sakit setelah berenang, pastikan diri Anda dan juga anak-anak untuk selalu memperhatikan hal-hal ini saat berenang:

  1. Sebisa mungkin hindari untuk menelan air kolam renang.
  2. Bersihkan tubuh dan rambut setelah berenang dengan teliti menggunakan sabun antibakteri.
  3. Hindari untuk buang air besar atau buang air kecil di kolam renang.
  4. Hindari berenang pada saat rambut kotor.

Selain memperhatikan kebersihan diri setelah berenang, memastikan kebersihan tubuh sebelum masuk ke dalam kolam renang juga akan membantu diri Anda tidak menjadi sumber tercemarnya kolam renang tempat Anda berenang. Selamat berenang!

0 Komentar

Belum ada komentar